Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Memaknai Kewajiban Manusia

Memaknai Kewajiban Manusia

Allah Swt adalah sang pencipta bumi dan segala isinya. Kemudian Allah membuat aturan dari langit melalui titahnya dari langit yang disampaikan melalui nabi-nabinya. Pada akhirnya ditutup oleh Nabi Muhamad Saw yang akan menjadi teladan sampai akhir zaman. Kemudian titah dari langit di bukukan sehingga disebut kitab suci. Dalam Islam kitab suci disebut Al Quran.

Aturan dari langit disebut syariat Islam. Syariat merupakan kewajiban yang harus dipatuhi oleh makhluk ciptaanya yaitu manusia.

Manusia hidup berbeda dengan makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Manusia dikaruniai akal dan pikiran untuk dapat memilah mana yang baik dan benar atau bahkan memilih jalan yang salah.

Memilih jalan yang baik dan benar adalah bahasa hati nurani. Jika seseorang hatinya bersih menunjukan kedekatannya kepada Allah Swt. Hal tersebut artinya kadar keimanan dan ketaqwaanya yang tinggi. Lain halnya jika seseorang melakukan kekeliruan dan memilih jalan salah artinya terbujuk rayu musuhnya manusia yaitu iblis dan pengikutnya setan sebagai pengoda manusia.

Manusia merupakan makhluk istimewa. Allah telah berikan akal pikiran untuk menentukan piihan terbaik dalam hidup. Sehingga setiap manusia sebagai makhluk ciptaan-Nya harus mengetahui kewajibannya.

Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan. Sebagai makhluk ciptaan-Nya yang menjadi kewajiban adalah menjalankan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Baik dalam berhubungan dengan sesama manusia maupun dengan Allah Swt.

Kesemua kewajiban tersebut rujukannya adalah sesuai isi Kitab Suci Al Quran dan Hadist Nabi. Jika kita berpegang teguh maka apa yang kita lakukan sesuai perintah dari langit.

Semoga saja kita dapat melakukan kewajiban dunia dan akhirat. Sehingga dapat meraih kebahagiaan dunia dan kelak mendapatkan surganya Allah Swt. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Amin, sejatinya kewajiban yang membawa kita bertemu Sang Pemberi Kewajiban. Barakallah

07 Oct
Balas

Iya bunda, semoga setiap orang menyadari apa yang menjadi kewajibannya

07 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali