Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Sang Waktu Dalam Bingkai Masa Lalu
Zilbest. con

Sang Waktu Dalam Bingkai Masa Lalu

Tahun 1998 merantau ke Jakarta untuk kuliah. Saat itu era reformasi teman berujar "musim demo". Bukanlah mediasosial yang memobilisasi masa akan tetapi tujuan bersama, reformasi. Saya kuliah di salah satu kampus negeri di Jakarta Timur. Turut serta dalam wujudkan idealisme pada waktu itu.

Seiring kemajuan zaman pada saat itu teknologi informasi belum semaju sekarang. Akan tetapi semangat demo sungguh luar biasa. Jika zaman now mencari pembanding demo yang setara dengan peristiwa 1998 bisa dikatakan demo 212 perihal penista agama kasus Ahok.

Walaupun menjadi mahasiswa masa reformasi kuliah tetap yang utama. Walaupun kadang pada beberapa jadwal kuliah dispen untuk berdemo. Bahkan ada pada waktu-waktu tertentu pihak kampus mempersilahkan mahasiswanya untuk demontrasi.

Tugas kuliah pun coba dituntaskan semua. Pada masa itu masih menggunakan mesin tik. Sudah ada komputer tetapi ukurannya monitor dengan tabung besar. Printer saja masih mengunakan pita tinta. Saat melakukan pengeprintan mengeluarkan suara yang keras.

Laptop masih harga mahal. Tidak semua mahasiswa memilikinya. Kadang mahasiswa memanfaatkan jasa rental komputer. Saya pun belajar menggunakan komputer dari komputer organisasi mahasiswa karena kesulitan masalah biaya.

Menggunakan komputer organisasi memiliki banyak syarat. Harus aktif di organisasi dan pengunaannya malam hari saat sedang tidak ada aktivitas organisasi. Selain itu penggunaanya harus bergantian dengan teman. Syarat berikutnya harus membeli kertas dan tinta sendiri ketika akan menggunakannya.

Begitu halnya dengan telephon. Jasa wartel (warung telekomunikasi) menjadi pilihan utama saat itu. Telephon koin pun tersebar seantero jakarta. Kemudian handphone muncul dengan ukuran besar seperti ulekan cobek dengan antena. Mengunakannya untuk mendapatkan sinyal harus ditarik antenanya supaya suaranya lebih jelas. Fungsinya cuma dua buat telephone dan mengirim pesan singkat (Short Masage Service/SMS).

Zaman now semuanya telah berubah total. Zaman old telah berlalu. Semuanya berubah. Wartel sudah tidak adalagi. Bahkan warnet juga sudah mulai dinggalkan ke semuanya dapat dilakukan dengan satu benda smartphone.

Mengerjakan tugas kuliah sudah dapat mengunakan smartphone, mengetik, maupun presentasi.

Jual beli barangpun dilakukan secara daring (online). Hanya dengan mengunakan handphone juga bisa dilakukan.

Sang waktu bergerak maju. Sejak masa kuliah sampai saat zaman now. Sang waktu adalah catatan sejarah. Sang waktu tidak dapat dipisahkan dalam bingkai masa lalu. Setiap orang berbeda sejarah pribadinya. Semuanya memiliki catatan sejarahnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali