Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Masih Perlukah MOS/MPLS Dilaksanakan?
http://smkn1-gebang.sch.id

Masih Perlukah MOS/MPLS Dilaksanakan?

Setiap lembaga pendidikan tentunya melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) atau pindahan. Sudah menjadi rutinitas setelah selesai PPDB akan dilakukan Masa Orentasi Siswa (MOS)/Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MOS/MPLS merupakan aktivitas untuk siswa baru berupa pengenalaan lingkungan sekolah/madrasah.

MOS sempat menjadi kontroversial karena adanya perpeloncoan atau ajang balas dendam dari siswa senior selaku panitia kepada siswa junior. Siswa senior merasa dahulu juga diperlakukan yang sama. Lalu bermunculan berbagai kasus MOS mulai dari adanya aktivitas fisik yang tidak mendidikan dan tugas yang aneh-aneh yang dibebankan pada siswa baru. Menyikapi kondisi tersebut kemudian pemerintah mengeluarkan permendikbud nomor18 tahun 2016.

Pada permendikbud tersebut ada aturan yang jelas terkait pelaksanaan MOS. Perihal atribut dan aktivitas selama MOS yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Bahkan panitia MOS harus dari guru dan boleh dibantu oleh siswa terpilih. Terkait sanksi akan diberikan kepada panitia guru jika ada pelanggaran dalam pelaksanaan MOS.

Masih perlukah MOS dilaksanakan? Sangat perlu. Tentunya dengan melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya mengenalan lingkungan sekolah/madrasah serta adanya berbagai pengetahuan dan informasi sebelum belajar. Pelaksananya guru jika dibantu oleh siswa harus dilakukan pengawasan oleh pimpinan.

Materi yang umum diberikan saat MOS sangat beragam umumnya yaitu visi dan misi sekolah/madrasah, kurikulum, tatatertib, budaya belajar, problem solving, kewarganegaraan, keorganisasian, wiyata mandala, pihak luar seperti puskesmas, kepolisan, dan kementerian agama. Jika di saya ada tambahan yaitubaktivitas outbound, pameran stand ekskul, dan unjuk aksi setiap organisasi ekstrakulikuler.

Kesemua itu dilakukan untuk kepentingan siswa baru, sebelum aktif belajar secara reguler. Setelah siswa mengikuti MOS diharapkan sudah saling mengenal teman seangkatannya, mengenal kakak kelasnya, guru, lingkungan fisik sekolah, dan budaya sekolah. Sehingga para siswa baru merasa nyaman dan siap belajar. In Sya Allah saat belajar tidak akan kendala yang berarti.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Tak kenal maka tak sayang. Kenali dulu sekolahnya sayang akan datang kemudian. Sukses selalu Pak Mulya. Barakallah

11 Jul
Balas

iya Bunda.Setuju tak kenal maka tak sayang. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

12 Jul

Setuju Pak Mulya. MPLS modal awal siswa baru. Sukses selalu dan barakallahu fiik

11 Jul
Balas

Iya bunda. MLPS modal awal siswa baru untuk mengenal lingkungan sekolah. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

12 Jul
search