Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Lelah Itu Sangat Manusiawi
hipwee. com

Lelah Itu Sangat Manusiawi

Saya manusia biasa. Bukanlah manusia super, manusia pasti memiliki banyak keterbatasan. Saya sangat menyadari dan memaklumi tubuh, otak, dan akal pikiran saya memiliki limit tertentu sebagai kadar keterbatasan.

Terkadang saat orang lain menganggap kita mampu melakukan banyak amanah yang dibebankan kepada kita. Orang mau tahu bagamana kita merasakan lelah dan capek saat menyelesaikan suatu pekerjaan. Mereka hanya mengharapkan apa yang sedang kita kerjakan selesai dengan cepat, tepat, dan sesuai keinginan mereka.

Wajar dan sangat maklum karena kita bekerja untuk orang lain secara struktural jabatannya lebih tinggi. Bisakah menolak setiap ada tugas, tentunya tidak karena itu telah menjadi tanggungjawab yang melekat pada diri kita. Lakukan sebaik-baiknya dan tuntaskan itu sudah cukup.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Betuntaskan, ikhtiar, dan mencari cara cerdas dan efektif sehingga bisa menyelesaikan yang yang menjadi tanggungjawab kita.

Secara manusiawi sebagai manusia kita memiliki keterbatasan. Sehingga jangan pernah memaksakan diri. Lakukan semampu kita, akan tetapi tetap dapat menyelesaikan tanggungjawab kita. Bisa mengunakan schedule penyelesaian.

Saat lelah berhentilah. Lakukan hal-hal yang sifatnya refresh seperti tidur walau sebentar tetapi berkualitas, beberkualitas sekitar lokasi kerja, melihat objek yang jauh, mengobrol, dan lain sebagainya. Pada dasarnya istirahat sangat penting. istirahat sebentar dan rehat dalam aktivitas yang membuat lelah. Setelahnya lanjutakan pekerjaan.

Lelah adalah hal wajar, maka syukurilah. Lelah ibarat kritikan terhadap anggota anggota untuk segera beristirahat saat beraktivitas yang menguras energi dan pikiran.

Jika lelah istirahatlah, jika dipaksakan fatal akibatnya. Organ tubuh juga memiliki keterbatasan kemampuan. Sebagai contoh jantung. Sudah banyak kasus seseorang melakukan suatu aktivitas memaksakan diri dan mengalami serangan jantung seperti kasus seorang remaja di Tiongkok yang bermain games beberapa hari dan malam tanpa istirahat yang akhirnya harus meregang nyawa.

Walaupun pada hakekatnya sang pencabut nyawa atas titah ilahi. Sebagai umatnya wajar sekiranya mengikhtiarkannya supaya Allah memberikann umur panjang. Salah satunya istirahat saat lelah.

Apakah ada kehidupan yang tidak melelahkan?Tentu tidak ada, manusia hidup melakukan banyak aktivitas pasti melelahkan tinggal bagaimana seseorang mengatasi rasa lelahnya secara tepat.

Jika para gurusianer lelah seperti saya, istirahatlah. Awal tahun ajaran sungguh luar biasa untuk guru satu-satunya sebuah madrasah dan diberikan tugas tambahan ini dan itu. Semoga saja bernilai ibadah bagi hidup saya. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Selamat beristirahat pak Mulya,jaga selaku kesehatan

28 Jul
Balas

Iya pak terimakasih, bapak juga semoga selalu sehat

28 Jul

Setuju pak..mengistirahatkan badan di sela-sela tanggung jawab yang begitu banyak.

28 Jul
Balas

Iya bunda, he..he..over dosis aktivitas

28 Jul

Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...pak guru.

28 Jul
Balas

Iya bunda, terimakasih atas doanya. Aamiin

28 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali