Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Konsep Diri
www.pelajaran.co.id

Konsep Diri

Konsep diri itu apa yach? Sebenarnya konsep diri erat dengan apa yang kita lakukan sehari-hari. Melakukan apa yang harus/tidak kita lakukan. Pemilahan tersebut adalah bagian dari konsep diri. Tentunya memilah yang terbaik yang akan kita lakukan.

Konsep diri jika bersifat teoritis sulit dalam penerapannya. Idealnya dibuat berdasarkan pengalaman hidup. Semakin banyak pengalaman hidup maka idealnya konsep diri seseorang semakin baik.

Sebagai contoh seseorang akan berpidato. Maka apa seyogyanya yang harus dipersiapkan? Jika kita memahami konsep diri, maka kita tahu apa yang terbaik akan dilakukan. Misalnya seseorang akan berpidato, apa yang akan dipersiapkan? membuat teks pidato terlebih dahulu kemudian membacanya saat pidato, membuat teks pidato kemudian dihafal, atau berpidato teks sesuai peta konsep di otak.

Mana yang pas buat kita itulah konsep diri. Jangan pernah ambil resiko untuk keluar dari konsep diri tersebut fatal akibatnya jika tidak dipersiapkan sebaik mungkin.

Itu hanya satu contoh perihal akan berpidato. Banyak hal lain yang dilakukan dalam hidup. Semakin mengenal konsep diri maka aktivitas hidup akan jauh lebih baik.

Konsep diri akan berkembang jika seseorang terus belajar, belajar, dan belajar. Hasil pembelajarannya di evaluasi kekuranganya kemudian perbaikilah sampai benar-benar menemukan konsep diri ideal.

Manusia bukan malaikat. Baiknya konsep diri yang diyakini diri kita ditulis pada buku catatan khusus. Sehingga saat kita akan melakukannya bisa membaca kembali, apa batasan kemampuan kita, apa konsep diri kita, sehingga saat kita melakukan semuanya akan berjalan dengan baik.

Tidak menyanyi jika tidak terlatih menyanyi apabila didepan publik, tidak memasak jika belum pernah memasak untuk orang terhormat, jangan mengendarai motor jika belum bisa, dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa kita hilangkan jika kita mau berlatih dan belajar.

Manusia memiliki akal dan pikiran apapun bisa dipelajari, apapun bisa dikuasai, akan tetapi semuanya kembali kepada diri kita masing-masing.

Milikilah konsep diri yang sesuai dengan diri masing-masing, teruslah belajar untuk memperbaiki konsep diri yang dianggap levelnya paling rendah sehingga bisa mencapai kategori cukup saja itu sudah sangat baik.

Manusia tidak ada yang memiliki kekuatan super. Itu hanya dalam film. Tidak ada manusia yang dapat melakukan semua hal. Baiknya manusia profesional pada satu bidang itu lebih baik, jika menguasai dua bidang sangat baik, jika menguasai tiga bidang itu sudah luar biasa baik.

Semoga kita selalu menjadi manusia yang senantiasa berusaha menjadi lebih baik dengan konsep diri yang selama ini kita yakini. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali