Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Kompetisi Sepakbola Liga Champion Eropa
Tribun Jogya tribunnews. com

Kompetisi Sepakbola Liga Champion Eropa

Sepakbola oh sepakbola. Sepakbola merupakan olahraga paling digemari seantero dunia. Mengapa demikian? Selain karena dimainkan 11 orang dengan posisi berbeda, cara bermainnya mudah cuma bagaimana memasukan bola kegawang lawan mengunakan kaki. Mudahnya cara bermain membuat banyak yang suka pada olahraga ini.

Olahraga ini dimainkan pada level club maupun negara. Mulai dari tarkam (antar kampung) s.d level dunia.

Pada level klub berawal dari kompetisi senegara misalnya di Indonesia ada kompetisi liga 2 dan 1. Liga 1 kasta tertinggi pada sepakbola Indonesia. Sedangkang liga 2 kasta ke dua. Ada sistem degradasi jika pada kompetisi kasta teetinggi ada club yang tercecer poinnya pada posisi terbawah.

Juara liga 1 Indonesia dan runner up akan berkompetisi pada level Asia yaitu kompetisi Liga Champion Asia. Apabila menjadi pemenang akan kelevel piala dunia antar club.

Konsep kompetisi tersebut berlaku untuk seluruh dunia karena di motori oleh federasi sepakbola dunia.

Kesemua kompetisi sepakbola dunia antar club tersebut, menurut saya yang paling menarik adalah Liga Champion Eropa. Mengapa demikian? Level club Eropa para pemainnya sangat berkualitas dan menarik untuk ditonton.

Club sepakbola Eropa sudah masuk keranah Industri. Para pemainnya dibeli triliunan rupiah bahkan gajinya sangat tidak masuk akal, milyaran rupiah perminggu.

Club sepakbola Eropa ibarat magnet para sponsor-sponsor berbagai produk automotif, berbagai alat olahraga, , jersey, sampo, jam tangan, minyak wangi, dan semuanya. Para pemain tersebut selain mendapatkan bayaran dari club juga dari para sponsor.

Saat club Eropa menjadi magnet Liga Champion Eropa tempatnya. Tim yang bertanding adalah juara-juara kompetisi dan empat besar level negera tahun sebelumnya. Babaknya terdiri dari babak penyisihan, 16 besar, 8 besar, 4 besar, dan babak final. Mulai dengan sistem pertangan bertemu s.d gugur. Tim yang menjadi juara pada kompetisi ini club akan mendapatkan hadiah jutaan dolar baik dari perserikatan, sponsor, maupun hak siar.

Kompetisi ini juga sebagai unjuk kemampuan para pemain sehingga dapat dipanggil pada level timnas dinegaranya masing-masing. Impian setiap pemain adalah dapat membela negaranya dan memenangkan tropi atas nama negara.

Kompetisi Liga Champion memang masih babak penyaisihan grup akan tetapi tidak mengurangi keseruan dalam menontonnya. Seperti halnya malam dan dini hari ini. Berbagai club sedang bertanding. Club jagoan saya Juventus dari Italia sedang bertanding melawan Mancester Unites dari Inggris. Semoga saja menang.

Kompetisi ideal harus ditiru oleh Indonesia. Indonesia masih harus banyak belajar dari kompetisi Eropa perihal perilaku suporter, para pemain di lapangan maupun luar lapangan, serta perhatian federasi sepakbola Indonesia PSSI terhadap kemajuan sepakbola Indonesia. Baik kompetisi sepakbola Indonesia akan berpengarih dengan prestasi timnas Indonesia sendiri pada level internasional. Semoga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali