Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Kolang Kaling Merah Membara
Dokumentasi Penulis

Kolang Kaling Merah Membara

Semua orang pasti tahu buah yang viral saat ramadan yaitu kolang kaling selain kurma, timun suri, blewah, dan lain sebagainya.

Kolang kaling banyak sekali olahanya selain sebagai bahan campuran kolak dan es. Kolang kaling juga dapat dibuat manisan.

Jika di keluarga kami, saat berbuka puasa kolang kaling enaknya dibuat kolang kaling merah membara. Resepnya sebagai berikut.

Kolang kaling pilih yang kuning, rendan di air cucian beras selama 2-3 jam, lalu cuci bersih. Siapkan panci isi dengan air sampai mendidih. Masukan kolang kaling selama sekitar 30 menit. Lalu buang airnya, siram dengan air dingin sampai bersih.

Lalu rebus kembali kolang kaling sampai airnya menyusut, berikan gula putih, daun jeruk, daun pandan, dan garam secukupnya. Setelah airnya menyusut berikan minuman kemasasan berwarna merah. Jika tidak suka bisa diganti dengan gula merah (original). Biarkan sampai meresap dan mendingin. Lalu masukan ke kulkas. Diamkan semalaman sampai dingin lalu siap dihidangkan.

Kolang kaling yang telah diolah bisa di makan langsung atau campuran pangan lain seperti es buah/sop buah. Mau mencoba silahkan, siapa tahu cocok sesuai selera.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

cocok bangeeettt....

14 May
Balas

he..he... iya bu Hj. Terima kasih sudah berkenan mampir. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

14 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali