Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Belajarlah dari Kegagalan
Sumber:NU Online

Belajarlah dari Kegagalan

Manusia tentunya melakukan banyak aktivitas. Terkadang dari sekian banyak aktivitas yang dilakukan ada yang berhasil ada juga yang berakhir dalam kegagalan.

Kegagalan sangat manusiawi. Manusia bukanlah malaikat yang selalu benar. Sehingga pada saat tertentu kegagalan menghampiri.

Akan tetapi sebagai makhluk hidup yang berakal manusia sudah seharusnya belajar dari kegagalan sehingga tidak jatuh dalam kegagalan yang sama dikemudian hari.

Gagal merupakan suatu usaha dalam melakukan suatu akan tetapi hasilnya belum sesuai harapan. Kegagalan bisa terjadi karena suatu faktor tertentu seperti bencana alam, kecelakaan, atau human error.

Kegagalan adalah sesuatu yang telah direncanakan dan dilaksanakan ternyata hasilnya tidak sesuai harapan. Terkadang kita melakukan kegiatan sifatnya mendadak dan hasil akhirnya juga tidak sesuai harapan. Mau bagaimana lagi ketika keberuntungan tidak berpihak pada kita. Akan tetapi andaikan kita lakukan identifikasi akan diketahui faktor apa yang menjadi penyebab kegagalan terhadap sesuatu yang kita lakukan.

Dalam menejemen kegiatan idealnya perencanaan dilakukan secara matang, pelaksanaan, dan evaluasi setelah kegiatan dilakukan. Hal tersebut terus dilakukan sampai ketemu konsep ideal dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Akan tetapi manusia terkadang hanya memiliki rencana ketika Sang Penentu keberhasilan tidak memberikan ridho-Nya, maka kegagalan adalah keputusan terbaik yang Allah berikan kepada kita.

Kita merasa apa yang dilakukan sia-sia. Tidak mercapai tujuan yang kita harapan. Walaupun demikian jangan pernah berburuk sangka kepada Sang Pencipta.

Hasil akhir suatu kegiatan yang terbaik adalah apapun endingnya. Peran yang Maha Kuasa berpengaruh. Sesuai hasil akhir kegiatan yang gagal adalah cobaan.

Jika hasil akhir berhasil tidak membuat kita sombong. Hasil akhir tidak sesuai harapan juga ujian kesabaran dari sang pencipta.

Anggaplah kegagalan atau kesia-siaan adalah ujian supaya kita lebih baik. Belajar dari kegagalan/kesia-siaan supaya kita lebih bijak dalam menilai hasil akhir suatu aktivitas.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali