Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Kepedulian Itu Kesadaran Bukan Paksaan

Dalam dunia pendidikan kesemuanya sarat dengan pembelajaran. Dikurikulum kompetensi yang harus dicapai adalah kompetensi afektif baik sikap spiritual dan sikap sosial. Salah satu sikap sosial adalah peduli/kepedulian terhadap orang lain atau lingkungan sekitar.

Sikap peduli harus terus dirangsang pada siswa supaya siswa memiliki kesadaran untuk peduli. Bagaimana sikap peduli dapat tumbuh dari diri siswa sendiri bukan karena paksaan? Pada lembaga pendidikan. Guru memiliki peran penting untuk memunculkannya pada setiap diri siswa. Guru harus memiliki trik khusus untuk memunculkanya.

Guru dapat memunculkannya dalam berbagai aktivitas yang dilakukan siswa di dalam kelaa atau diluar kelas. Sikap peduli di dalam kelas dapat dimunculkan dalam pembelajaran atau interaksi sosial.

Saat pembelajaran misalnya pembentukan kelompok belajar, peduli terhadap penyelesaian tugas kelompok, peduli terhadap anggota kelompok yang bekerja dan menegurnya. Sedangkan dalam interaksi sosial sikap peduli dapat ditumbuhkan dengan mengingatkan teman sekelasnya saat ada yang sakit kemudian muncul inisiatif untuk menjenguknya, peduli terhadap guru saat tidak masuk untuk menayakan kondisinya, ketika ada orangtua siswa yang sakit/meninggal dunia mengunjunginya, kemudian saat ada bencana mereka inisiatif untuk mengumpulkan dana peduli bencana, dan lain sebagainya.

Walaupun suatu kebaikan jika dipaksa untuk dimunculkan hasilnya tidak akan sesuai harapan. Memunculkan sikap peduli pada siswa harus dibangkitkan, bagaimana siswa merasa sikap peduli tu datang dari dalam dirinya sendiri.

Pada saat Indonesia terkena bencana alam maka sikap peduli seolah suatu kewajiban dimiliki oleh siswa dan setiap orang.

Jika pada proses pendidikan menumbuhkan sikap peduli berhasil maka saat lulus maka siswa akan mempunyai kuktur budaya peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Semoga saja setiap siswa memiliki kepedulian terhadap dirinya sendiri, keluarga, tetangga, teman, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Siswa saat lulus akan terjun ke masyarakat. Kemudian menularkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitar.

Kemudian jika sikap peduli sudah membudaya di negara kita maka setiap permasalahan yang dihadapi Indonesia akan jauh lebih mudah karena sesama warga negara akan saling peduli dalam kebaikan. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Benar sekali pak, trik paling jitu, sepertinta hrs contoh langsung dari guru yah. Barakallah

08 Oct
Balas

Jika semua warga negara memiliki sikap peduli, tidak ada masalah yang tidak terselesaikan

08 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali