Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Kehidupan Manusia Adalah Perjuangan

"Hai Abu Dzart, pernahaku kapalmu/perahumu, karena lautan itu sangat dalam. Ambilah perbekalan secara sempurna, karena penjalanan itu jauh sekali. Kurangi beban, karena tanjakan itu bagaikan gunung, dan ikhlaskan amal, karena zat yang menilai baik dan gurruk Maha Melihat" perkataan Rasulullah SAW.M

Berdasarkan perkataan Rasulullah tersebut diinterpretasikan oleh para ulama berkaitan dengan hadist tersebut yaitu:

  1. Kehidupan dunia bagaikan lautan yang dalam, penuh dengan gelombang maksiat, godaan, halangan, dan rintangan.
  2. Perbekalan, maksudnya taqwa, yakni melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.
  3. Perjalanan dunia menuju akhirat itu sangat jauh, jalannya terjal, penuh liku-liku, dan melelahkan sehingga sulit untuk ditempuh.
  4. Kurangi beban, sederhanakanlah urusan dunia.
  5. Tanjakan menuju akhirat, itu bagaikan tebing yang tinggi dan curam.

Melakukan segala amal maka ikhlaskan supaya memperoleh pahala dan selamat dari siksa Allah. Rasulullah SAW bersabda kepada Mu'adz bin Jabal ra"Ikhlaskanlah niat, hal itu tentu cukuplah bagi anakmu yang sedikit".

Amal harus disertai niat yang ikhlas. Tanpa niat yang ikhlas, amal seseorang tidak akan diterima, meskipun amal perbuatannya seseorang sangat banyak. Dengan ikhlas amal sedikit pun besar artinya di sisi Allah.

"Manusia wajib berobat, tapi meninggalkan dosa itu lebih wajib, sabar dalam menangani musibah itu sulit, tapi hilangnya pahala sabar lebih sulit, perubahan zaman itu memang sesuatu yang aneh, tapi kelalaian manusia lebih aneh, peristiwa yang akan datang terkadang terasa dekat, tapi kematian itu lebih dekat"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali