Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Jangan Merasa Bodoh!
https://soeloehmelajoe.wordpress.com

Jangan Merasa Bodoh!

Setiap manusia pastinya pernah melakukan kesalahan. Wajar karena manusia bukan malaikat. Akan tetapi bukan dalih bahwa selalu melakukan kesalahan selalu dimaklumi. Jika seseorang selalu melakukan kesalahan juga tidaklah mungkin karena bukan setan. Sehingga manusia menjadi sangat relatif dalam melakukan kesalahan saat hidup.

Ketika seseorang telah melakukan kesalahan, kemudian ada rasa menyesal. Merasa bodoh telah melakukan kesalahan. Tetapi sadarilah melakukan kesalahan adalah sangat manusiawi walaupun bahasanya gagal. Gagal itu sarat pembelajaran. Gagal adalah kesuksesan yang tertunda. Asalkan saat gagal jangan pernah menyerah pada kegagalan.

Gagal itu banyak faktor penentunya. Apakah karena kesalahan sendiri, karena waktunya yang sangat mendesak, kendala yang tidak teratasi, kurang perhitungan, kurang persiapan/perencanaan, karena sakit, dan lain sebagainya. Walaupun sudah maksimal melakukannya, Allah bisa berkehendak berbeda dengan keinginan kita, padahal seseorang telah melakuakan yang terbaik, ternyata tetap saja mengalami kegagalan.

Manusia dalam.melakukan apapun yang terbaik adalah pada rentangan 30 menit setelahnya akan kurang maksimal. Sehingga apapun perlu ditulis konsepnya sehingga kedepan saat melakukan hal yang sama bisa dibaca/dipelajari kembali sehingga kegagalan tidak terulang. Itu bentuk ikhtiar yang dapat dilakukan untuk meraih kesuksesan. Tentu ada faktor lain juga yang mempengaruhinya.

Merasa bodoh saat gagal sangat wajar. Tetapi jangan berlanjut. Segerakan akhiri dan ikhlaslan. Kegagalan pada akhirnya adalah takdir atas segala ketentuan Ilahi tentang apapun yang terjadi pada kita, gagal sekalipun. Janganlah merasa bodoh, kebodohan itu akan hilang ketika seseorang mengikis kebodohannya dengan mencari solusi dengan mencari ilmu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali