Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Jajak Pendapat Jumlah Mengedit Tulisan pada Gurusianer Sebelum di Unggah di Gurusiana.
Gurusiana

Jajak Pendapat Jumlah Mengedit Tulisan pada Gurusianer Sebelum di Unggah di Gurusiana.

Membaca dan menulis adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Menulis adalah aktivitas belajar, akan tetapi hal yang sangat penting dalam dunia penulisan adalah editing. Editing baiknya dilakukan oleh diri sendiri yang disebut swasunting atau melalui orang lain yang disebut editor. Tujuannya supaya pesan tulisan tersampaikan dengan baik.

Lalu bagaimana dengan menulis di Gurusiana? Aktivitas menulis sama saja pada media apapun. Editing itu sangat penting. Bahkan Media Guru saja sampai mengadakan kelas editor. Tujuannya supaya para peserta bisa mengedit tulisannya secara mandiri sekaligus rekrutmen editor Media Guru.

Gurusiana sebagai blog yang berapiliasi dengan Media Guru menjadi media pembelajaran bagi para anggotanya. Pembelajaran menulis dan berbagi ilmu dan informasi untuk setiap personal maupun belajar sesama anggota gurusiana dengan ragam kemampuan menulis yang berbeda-beda. Banyak para penulis hebat di blog ini bisa dijadikan rujukan belajar menulis.

Lalu bagaimana kebiasaan mengedit yang biasa dilakukan oleh para gurusianer terhadap tulisannya sebelum diunggah di Gurusiana? Jika dapat diketahui semoga bisa menjadi pembelajaran. Memproklamasikan kebiasaan positif para gurusianer. Sehingga menemukan persentase umumnya jumlah mengedit paling ideal.

Saya mencoba berinisiasi mengajukan angket tentang pertanyaan sebagai berikut. Berapa kali gurusianer mengedit tulisan sebelum diunggah di Gurusiana?

  1. Sekali tulis langsung diunggah
  2. Edit 1 kali
  3. Edit 2 kali
  4. Edit 3 kali
  5. Edit 4 kali
  6. Edit 5 kali
  7. Edit lebih dari 5 kali
  8. Edit tidak mengacu jumlah, jika sudah ok unggah

Tulis jawaban pada kolom komentar. Suara terbanyak semoga bisa menjadi iinspirasi bagi gurusianer lainnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Kebiasaan saya langsung tulis di Gurusiana, setelah unggah baru baca ulang kl ada yang salah atau diingatkan pembaca baru diedit, maklum biasa MSJ (menulis sekali jadi), Barokallah Pak Mulya selalu mengingatkan

13 Mar
Balas

Bisa 5 kali lebih Pak..kadang setelah diunggah pun jika ketika dibaca masih perlu diperbaiki maka akan segera diedit kembali.

13 Mar
Balas

Dua sampai tiga kali. Itu pun terkadang masih ada kesalahan sehingga meaki sudah diunggah tetap diedit lagi. Salam sehat dan sukses. Barakalllah

13 Mar
Balas

Minimal baca 3 kali, sebelum diunggah

13 Mar
Balas

Paling sedikit dua kali. Namun, setelah diunggah sering pula dilakukan editing. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Pak Guru.

13 Mar
Balas

Entah berapa kali saya lakukan. Untuk hal-hal yang update, lakukan swasunting, dirasa sudah oke, kirim deh. Namun untuk berira bukan hal yang update, lebih sering dibaca lagi, baca lagi, edit beberapa kali, baru dikirim. Tidak jarang pula gunakan KBBI, maklum kurang cerdas, sering lupa, hehehe. Sukses selalu dan barakallah fiik

13 Mar
Balas

Aku pun berulang kali, bisa sampai 5 kali maklum, kebiasaan Abah ngomong orang lain yang menulis. Sekarang kedua-duanya.Barakallah Pak Mulya Al Bantany.

13 Mar
Balas

Sy nomor 8, editnya berulang2 bahkan sdh diunggahpun masih diedit, meski hanya judul

13 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali