Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Indonesia Negera Gunung Berapi

Indonesia Negera Gunung Berapi

Indonesia merupakan negara yang berada pada pertemuan tiga lempeng dunia yaitu lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik.

Pertemuan ketiga lempeng tersebut membentuk daerah subduksi (pertemuan lempeng) yang mengakibatkan adanya patahan sehingga Indonesia berpotensi mengalami gempa bumi, gelombang tsunami, dan pembentukan deretan pegunungan api aktif.

Gunung api aktif tersebut berada di sirkum pasifik dan mediterania. Berada pada busur luar di dasar laut maupun busur dalam di daratan kepulauan Indonesia. Sirkum mediterania mulai dari Pulau sumatera, Selat sunda, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, sampai ke Maluku. Sedabgkan sirkum pasifik mulai dari Maluku, dan Sulawesi.

Kedua deretan pegunungan tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara gunung api. Gunung apa tersebar mulai dari Sumatera sampai dengan maluku, kemudian Maluku dan Sulawesi. Adapun posisi papua merupakab zona pengangkatan bukan subduksi sehingga tidak ada gunung api.

Bagi warga negara Indonesia yang bertempat tinggal dekat dengan lokasi gunung api. Letusan gunung api begitu familiar dengan kehidupan mereka. Ada dampak negatif dan positif. Dampak negatif meliputi adanya aliran lahar panas dan dingin, awan panas, dan berbagai jatuhan benda padat. Sedangkan dampak positif letusan gunung api, abu vulkanik menyuburkan tanah dan pasir/batuan dari letusan gunung dapat untuk bangunan.

Hal lain sebagai negara gunung api, indonesia menjadi negara yang memiliki keindahan alam yang Indah dari gunung api tersebapi selain itu gunung api kaya akan potensi lainnya seperti pariwisata kawah, danau vulkanik, flora dan fauna, sumber air mineral, dan sumber air panas.

Apapun yang Allah Swt ciptakan selalu memberikan dampak positif dan negatif. Bagi manusia yang senantiasa berpikir. Indonesia sebagai negara gunungapi bisa menjadi anugerah juga dapat pula berubah menjadi anugerah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Aku tinggal di antara gunung gemunung. Kalau dulu dekat gunung Merapi dan Merbabu, sekarang dekat gunung Sindoro Sumbing. Benar pak segala sesuatu ada sisi positif dan negatifnya karena itu ketentuan Allah.

10 Jul
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali