Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Indonesia Negara Bencana, Waspadalah!
Sumber:Nasional Geografi Indonesia

Indonesia Negara Bencana, Waspadalah!

Indonesia merupakan negara bencana alam suka atau tidak suka itulah anugerah yang Allah berikan untuk Indonesia. Ada dampak positif dan negatif. Semuanya ada hikmah karenanya.

Semuanya kehendak-Nya bukan tanpa tujuan. Anugerah terbaik yang Allah berikan Indonesia memiliki tanah subur karena morfologinya bergunung-gunung yang memiliki banyak gunung api strato (kerucut) dengan potensi letusan dahsyat abu vulkaniknya dapat menyuburkan tanah.

Pemanadangan alamnya indah berupa gunung api, pegunungan, bukit-bukit, dan samudera. Kaya sekali akan berbagai potensi alam. Curah hujan yang tinggi cocok untuk persawahan. Berbagai jenis tanaman pertanian tumbuh dengan subur.

Dibalik keindahan bak surga yang dimiliki Indonesia ada kemungkinan bencana alam mengancam. Apakah itu dapat dihindari atau tidak, yang bisa kita lakukan adalah beradaptasi dengan potensi bencana yang dapat terjadi di Indonesia.

Berbagai potensi bencana alam di Indonesia yaitu gunung meletus, gempa bumi daratan, gempa bumi dasar laut berpotensi tsunami, longsor, banjir bandang, banjir rob, banjir akibat hujan deras, angin puting beliung, kemarau panjang, kebakaran hutan akibat kekeringan, dan wabah penyakit.

Kondisi tersebut diperparah oleh perilaku manusia yang rakus terhadap kebutuhan hidup dengan melakukan pengrusakan lingkungan atas nama kebutuhan perut. Sehingga alam memberikan akibat dari sebab yang dilakukan oleh manusia yang tidak bertanggungjawab yang berdampak kepada semua orang.

Sebagai penduduk yang tinggal dinegara bencana hendaknya kita memiliki kesadaran yang tinggi terhadap semua potensi bencana yang akan terjadi. Membaca dan memahami apa yang harus dilakukan sebelum, saat, dan setelah bencana sehingga kita waspada dan mengetahui apa yang akan dilakukan ketika kita berada di lokasi bencana alam.

Bersikap tenanglah bencana alam sampai saat ini belum ada alat yang mampu mengetahui kapan terjadinya, sehingga tidak perlu khawatir secara berlebihan. Waspada saja.

Sebagai manusia yang beragama harus yakin bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan hidup diluar batas kemampuan seseorang. Allah memberikab bencana pasti ada alasan, mengapa menimpakan bencana pada suatu kaum.

Semoga saja potensi bencana di Indonesia dapat membuat kita lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada-Nya.

Sesungguhnya sebagai makhluk ciptaan-Nya kita bukanlah apa-apa. Apabila Allah menghendaki apapun bisa terjadi.

Sebagai makhluk berakal kita bisa mengoptimalkan fungsi otak kita untuk waspada sehingga seandainya terjadi bencana alam, setidaknya kita tahu apa yang dapat dilakukan sebagai bentuk ikhtiar menyelematkan diri dari bencana alam.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Inspiratif bisa dilengkapi dengan trik trik penanggulangan bencana

11 Apr
Balas

Trik penanggulangan bencana sifatnya parsial berdasarkan jenis bencana, mangga ditindak lanjuti, salam literasi

11 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali