Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Idul Fitri Berbeda, Mengapa?

Ramadan sudah akan berakhir. Tinggal menghitung hari saja. Jika tidak selasa, rabu kita akan merayakan Idul Fitri. Tinggal tunggu saja sidang isbat Kementerian Agama.

Ada dua pendekatan yang berbeda dalam menentukan awal Idul Fitri yaitu hilal dan rukyat. Padahal seharusnya pemerintah bisa menjadi leadaer dalam menentukan kepastian tanggal kapan Idul Fitri.

Inilah Indonesia keragaman akhirnya tetap dipegang teguh oleh beberapa ormas Islam dengan bersikukuh berseberangan dengan pemerintah dengan dasar yang diyakini kebenarannya.

Pernah beberapa kali ada perbedaan dalam menentukan hari raya Idul FItri. Apa yang diputuskan penerintah berbeda dengan salah satu ormas. Hikmahnya yang bisa diambil adalah hargailah perbedaan ketika dasarnya jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.

Terlepas dari adanya perbedaan dalam hal menentukan hari. Saya secara pribadi berharap hari raya Idul Fitri dilaksanakan secara bersama-sama dari Sabang sampai Merauke. Kegembiraan dalam hari yang sama saat Idul Fitri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Mungkin bisa seperti itu seperti di Malaysia, hanya saja sistem pemerintahannya parlementer bukan presidensil, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

02 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali