Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Hujan Sore Hari di Musim Kemarau
Dokumentasi Penulis

Hujan Sore Hari di Musim Kemarau

Bulan apakah sekarang? Juli, berdasarkan iklim tropis di Indonesia bulan Juli termasuk pada rentangan bulan di musim kemarau. Tepatnya diantara bulan April s.d Oktober.

Walaupun kata ahli iklim, iklim di dunia telah dipengaruhi perubahan iklim (global warming) sehingga batasan musim tidak lagi kentara antara kemarau dan hujan. Begitu juga untuk musim lainnya. Bisa-bisa musimnya lebih ekstrim dengan bencana meteorologinya.

Alam memang bisa dikategorikan sedang sakit. Bagaimana tidak? Berbagai bentuk kerusakkan terjadi di alam seperti penebangan hutan secara liar, pertambangan, pembakaran hutan, pembuangan sampah sembarangan, pembuangan gas buang BBM dari kendaraan bermotor dan gas buang industri, gas-gas perusak ozon, gas efek rumah kaca, dan lain sebagainya.

Hal tersebut tentunya berdampak pada kondisi alam. Diantaranya iklim tidak lagi bersahabat. Terbaru adalah fenomena cuaca di Indonesia seperti hujan es atau suhu diwilayah pegunungan yang mencapai titik beku, sedangkan di wilayah Asia barat daya (timur tengah) suhunya sangat panas mencapai lebih dari 40 derajat celcius.

Disaat kemarau, suhu begitu panas. Di wilayah saya tiba-tiba hujan deras. Saya berpikir tadinya mendung tidak selalu hujan. Memang hujan seolah sangat lama tidak membasahi tanah santri dan jawara, Tangerang Banten.

Alhamdulillah akhirnya sore ini hujan turun begitu deras. Tanah yang tadinya kering, basah tersiram air hujan. Pastinya makhluk bumi menyambut dengan suka cita atas berkah air hujan yang Allah turunkan dari langit. Begitu juga kami masyarakat Tangerang, Banten.

Jika Allah berkehendak, dikala kemarau sekalipun hujan bisa turun. Bahkan manusia saja jika memohon melalui salat meminta hujan, Allah Swt akan kabulkan, apabila hal itu dianggap yang terbaik untuk umatnya.

Hujan di musim kemarau di sore hari sungguh sesuatu banget. Membuat suhu awalnya panas berubah menjadi sejuk. Terima kasih ya Allah atas rizki yang telah engkau berikan berupa hujan sore ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Di tempatku (Wonosobo) malah sering hujan walaupun musim kemarau pak. Di Dieng suhu minus sekian derajat jadi muncul bun upas. Memang musim sudah berubah, batas kemarau sama musim hujan sepertinya bergeser akibat kerusakan lingkungan, dan lainnya. Tapi hujan di musim kemarau jadi berkah yang luar bisa ya pak, alhamdulillah.

08 Jul
Balas

Jadi adem Pak Mulya, saya pun di Cikarang, belum nemu hujan, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

08 Jul
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali