Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

"Hoax" Sangat Memalukan dan Bisa Terjerat Hukum

Hidup adalah pembelajaran. Semakin bertambah usia seseorang seharusnya semakin hati-hati berucap atau mengeluarkan pernyataan.

Akhir-akhir kasus yang sedang viral tentang memberikan pernyataan bohong "hoax". Walaupun titel sekaliber aktivitas perempuan, tetap saja manusia biasa tidak lepas dari kesalahan. Lisan yang telah terucap, nasi telah menjadi bubur, mulut mu adalah harimau mu. Semuanya telah terjadi dan seantero Indonesia mengetahuinya.

Bagi rakyat jelata mungkin tidak masalah. Akan tetapi sekelas tokoh nasional, apalagi di tahun politik, politikus kawakan pun tertipu akan berita bohong "hoax".

Saat kebenaran terungkap, puluhan laporan kepolisian berdatangan. Pengaduannya sama penyebaran berita "hoax". Semuanya harus dipertanggungjawabkan jeruji besi siap menanti.

Hati-hatilah zaman now berucap kemudian setelah viral kemudian kebohongan terungap sebagai "hoax" ada konsekuensi hukum di negara ini. Undang-undang ITE siap menjerat siapapun tidak peduli status orang yang bersangkutan.

Hal yang paling kejam adalah sanksi sosial dari masyarakat bahwa tokoh tersebut adalah ratu hoax Indonesia.

Semoga semuanya menjadi pembelajaran dalam hidup bagi setiap orang"waspadalah mulut mu bisa menjadi harimau, siap menerkam dan memenjarakan mu" Lalu jemari mu akan menjadi pedang saat mempublikasikan via media sosial. Pedang itu dapat menghunus diri kita sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali