Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya

Hidup perlu prioritas

Hidup itu ibarat diperempatan jalan. Selalu dihadapkan kepada pilihan sulit. Salah memilih dampaknya fatal. Terus bagaimana kita menentukan pilihan? Buat skala prioritas dengan kriteria yaitu:

  1. Lihat tingkat urgensi pilihan kita, apabila menyangkut agama, kebutuhan hidup, pendidikan, kesehatan,kepentingan keluarga, dan masyarakat umum prioritaskanlah. Utamakan untuk dipilih lebih dahulu.
  2. Pilih yang paling mendesak dengan perhitungan waktu, berdasarkan menit, jam, hari, Minggu, bulan, dan tahun. Dahulukan berdasarkan waktu menit, baru kemudian jam, hari, dan seterusnya.
  3. Buat skala urutan menggunakan penomoran 1 (terpenting), 2, 3, dannseterusnya. Eksekusi urusan ke 1, baru urutan 2, 3, dan seterusnya.
  4. Lakukansekarang juga, saat ini, dan sekarang yang bisa dikerjakan. Menunda adalah awal sebuah kegagalan.
  5. Istiqoroh kepada Allah SWT tentang pilihan hidup kita, minta petunjuk supaya dapat ditunjukan pilihan yang tepat dan terbaik.

Hidup harus selalu ada yang diprioritaskan. Sehingga rencana-rencana hidup kita dapat diminimalisir kegagalannya. Manusia memang hanya bisa berikhtiar untuk melakukan yang terbaik. Tetap yang maha penentu kehidupan kita tetap Allah SWT.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ide cemerlang. Berarti kita harus kebal terhadap godaan....

05 Nov
Balas

Godaan tidak termasuk pilihan, abaikan pak, hindari

05 Nov

Terima kasih, salam literasi

05 Nov
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali