Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Hidup Itu
Sumber: VOA Islam

Hidup Itu "Tidak Mudah"

Siapakah saya? Pertanyaan itu ada pada setiap orang. Seseorang tidak meminta dilahirkan dari rahim siapa? Takdir mengikat terlahir pada suatu keluarga.

Proses pembelajaran dimulai dari keluarga secara individu-individu. Apakah bahagia, menderita, terlunta-lunta, mendapatkan banyak kasih sayang, ketercukupan harta, pembelajaran religius yang kuat, sarat kedisiplinan, dimanjakan, bahkan dibesarkan untuk kejahatan, dan lain sebagainya.

Berbahagialah jika seseorang terlahir dari keluarga berpendidikan, berkecukupan, penuh kasih sayang, dan nuansa religius yang kental, perhatian, kemandirian, dan pantang menyerah dalam hidup.

Bagaimana jika seseorang terlahir dari keluarga serbakekurangan, pasti proses hidup yang dijalani tidak selurus jalan tol. Penuh Lika liku kehidupan, pahit ketirnya kehidupan, dan harus berjuang untuk menjadi diri sendiri supaya dapat berhasil dalam hidup.

Seseorang hidup didunia tidaklah mudah. Ada perjuangan ibu yang membesarkan putra/i nya, saat anaknya sakit ibu dan ayah bahu membahu untuk mengobati sang anak. Rela tidak tidur hanya untuk menjaga anak-anak saat sakit. Saat ada nyamuk yang menggigitnya sang ibu seolah tidak rela. Memberikan makan sampai dewasa begitu juga pendidikan sampai jenjang tertinggi.

Saat anak telah menjadi dewasa, orang tua tidak khawatir melepas putra/i untuk berjuang dalam hidup, mencari berbagai kebutuhan hidup, bekerja, bersosialisasi, memilih suami/istri sebagai pendamping hidup, dan memutuskan setiap persoalan hidup yang menderanya.

Apakah hidup itu mudah?, Hidup itu "tidak mudah" dalam proses hidup ada penyimpangan sosial. jika seseorang tidak memaksimalkan fungsi otaknya, akal dan pikiran, menahan nafsu berbuat negatif, tidak salah bergaul, tidak terjerumus narkoba, judi, minuman keras, tindakan kriminalitas, traumatik, dan lain sebagainya. Seseorang bisa menjadi "setan" berwujud manusia. Sikap dan prilaku bertentangan dengan norma. Melakukan pelanggaran hukum. Tidak beretika, kasar, kasar, dan lain sebagainya.

Seseorang bukannya melakukan hal bermanfaat untuk dirinya, keluarga, dan oranglain. Justru akan menjadi sumber masalah. Pemicu masalah sosial. Pelaku kejahatan. Melakukan berbagai kegiatan merugikan orang lain.

Orang tersebut jika berprilaku demikian hidupnya adalah kegagalan. Walaupun Allah dapat memberikan hidayah jika berkehendak.

Jadi hidup bukanlah hal mudah. Salah asuh bisa fatal akibatnya. Seseorang bisa menjadi orang baik atau bahkan penjahat kelas kakap dengan banyak kategori.

Berjuang untuk menjadi orang baik tidaklah mudah. Banyak faktor yang berpengaruh dalam hidup seseorang. Pendidikan, kesehatan, dan mata pencarian hidup. Terpenting adalah pendidikan agama dan umum. Pendidikan agama untuk membedakan mana yang diperbolehkan agama mana yang dilarang. Sedangkan ilmu umum pada pendidikan umum sebagai life skill untuk bertahan hidup supaya sehat dan pekerjaan yang baik.

Jika kita baik, maka istri/suami dan anak-anak kita juga akan baik. Pendidikan, pekerjaan, dan mata pencarian hidup. Kesemua itu harus selalu dibarengi doa supaya apa yang dilakukan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Semoga kita dapat menjalani hidup dengan.melakukan banyak kebaikan. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali