Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Hidup Adalah Bagaiamana Memilih Yang Terbaik

Hidup Adalah Bagaiamana Memilih Yang Terbaik

Manusia hidup memiliki banyak pilihan. Memang pada dasarnya manusia terlahir karena pilihan. Masih ingatkah bagaimana kita bertemu dengan ibu/bapaknya anak-anak, itu terjadi karena sebuah hasil pilihan.

Lalu kini setiap orang selalu berada pada pilihan hidup. Manusia selalu dihadapkan pada dua pilihan bahkan lebih. Sangat jarang kita dihadapkan pada satu pilihan.

Lalu bagaimana sikap dan prilaku kita ketika berada pada keadaan harus memilih? Bimbang pastinya. Mengapa bimbang? Karena setiap orang menginginkan keputusan terbaik. Mendapatkan pilihan terbaik.

Memilih harus mengunakan pertimbangan akal pikiran, baik dan buruk, serta kata hati. Sebaik-baiknya pilihan itu hanya sebatas pilihan manusia. Lain halnya jika melibatkan Allah dalam setiap pilihan.

Islam mengajarkam bagaimana memilih. Mengadukan pilihan kepada Allah Swt melalui salat. Salat tersebut yaitu salat istiqarah. Salat ini dilakukan dapat berkali-kali sampai Allah Swt memberikan petunjuk dan keyakinan pada diri kita, tentang pilihan yang terbaik.

Setelah memilih harus siap bertanggungjawab. Sebuah konsekuensi logis sebab akibat dari pilihan yang kita ambil.

Ada resiko baik atau buruk setelah memilih. Ada ujian dari Allah Swt terhadap pilihanya kepada makhluk ciptaannya supaya tetap bersabar, ikhtiar maksimal, dan ikhlas terhadap hasil akhir sebuah keputusan. Pada akhirnya keputusan akhirnya yaitu qada dan qadar dari Allah Swt. Manusia hanya sebatas berusaha.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Betul sekali pak guru, segalanya sdh ditetapkan Allah, tp ada ruang kosong antara qadla dg takdir yg akan terjadi, di situlah tugas manusia ikhtiar dan doa, namun hasil diserahkan pd Sang Maha Pengatur. Barakallah

12 Oct
Balas

Semoga kita dapat memaksimalkan ikhtiar dan doa, terimakasih atas ulasannya, sukses selalu untuk segala aktivitasnya sehari-hari. Aamiin

12 Oct

Mudah-mudahan kita tidak salah pilih dalam memilih apapun.

12 Oct
Balas

Aamiin ya Allah

12 Oct

Setiap pilihan mengandung resiko dan sebaik-baik pertimbangan adalah dari Sang Maha Kuasa....Barakallah...

12 Oct
Balas

Setuju "banget" bunda

12 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali