Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Hati-Hati Saat Berkendaraan

Hati-Hati Saat Berkendaraan

Hari ini tepatnya sekitar jam berangkat sekolah pagi. Rutinitas saya mengantarkan ketiga putri saya pergi ke Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Kabupaten Tangerang. Lumayan jauh dari rumah sekitar 5 km. Sengaja dipilih karena searah dengan tempat saya bertugas di MAN 2 Tangerang jaraknya sekitar 3 km dari tempat putri saya bersekolah.

Saat memasukan kawasan Industri, Tobat, Tangerang sudah terjadi kemacetan panjang truk-truk besar yang akan dan ke pabrik untuk antar dan bawa bahan/barang hasil produksi. Tidak seperti biasanya terjadi kemacetan.

Saya berpikir dengan keras ada apa gerangan, karena jalur kanan kosong artinya tidak ada mobil dari arah berlawanan. Sekalian saya pacu kendaraan sampailah diujung jalan. Ternyata banyak kerumunan orang.

Saya mencoba bertanya kepada seorang ibu yang berkerumun dipinggir jalan karena saya ambil kiri jalan, kata si ibu "ada kecelakaan, sepeda motor terjatuh, kepala pengendara pecah, otaknya bertebaran kemana-mana", lemes saya. Mana saya akan melewati kerumunan tersebut.

Saat ada yang mengatur untuk khusus pengendara sepeda motor. Kemudian pengedara sepeda motor diarahkan untuk melintas. Wah gawat nich. Saya berpikir psykologi ketiga putri saya. Mau mencoba memutar balik tidak ada jalan lain selain harus melihat kondisi korban. Saya langsung ngasih komando, anak-anak tutup mata. Tidak layak untuk dilihat. Alhamdulilah mereka mau menuruti perintah ayahnya.

Semakin dekat sepeda motor yang saya kendarai ke lokasi, saya melihat banyak kerumunan orang yang mengambil gambar. Kalau saya sungguh tak kuasa dan tidak tega "terbayang bagaimana arwah si korban dilokasi, belum keluarga korban apabila mengetahui. Bahkan saya air mata saya tak kuasa tuk ditahan.

Saat saya melewati si korban, posisi korban tergeletak ditengah jalan. Posisi kepala pecah dengan otak bertebaran. Badan tidak terluka sedikitpun, motor terpental menutupi sisi jalan sebelah kanan. Sepertinya motor tersebut berusaha mendahului kemudian menyenggol truk besar atau motor lain dan terjatuh dimana posisi kepala tepat di ban truk. Akhirnya kejadian tersebut tidak dapat di hindari.

Tulisan ini saya coba buat untuk memberikan gambaran fakta peristiwa kecelakaan terjadi tujuannya supaya kita dapat belajar karenanya.

Berhati-hatilah dalam berkendaraan. Kita hanya bisa berupaya untuk tidak menjadi korban kecelakaan kendaraan apapun, semoga. Setidaknya itu ikhtiar kita, walaupun takdir tidak bisa kita ubah andaikan sudah kehendak yang maha kuasa.

Hal yang diperhatikan saat berkendaraan yang terpenting yaitu:

  1. Pastikan kondisi kendaraan kita dalam kondisi terbaik.
  2. Lakukan perlindungan secara maksimal misalnya helm SNI atau pakai sabuk pengaman.
  3. Gunakan prinsip yang penting selamat sampai tujuan walaupun perjalanan pelan-pelan.
  4. Jangan mendahului lewat kiri.
  5. Pergunakan fasilitas pada motor seperti lampu sen saat belok, lampu depan, ataupun klakson.
  6. Pastikan tubuh kita dalam kondisi fit saat berkendaraan.
  7. Hati-hati dengan angkutan umum terkadang mereka suka melakukan rem mendadak
  8. Hati-hati dengan truk ukuran besar/kontainer karena badan mobil besar terkadang supir kurang memperhatikan pengendara lain, dll
  9. Berdoa sebelum bepergian dalam mengunakan kendaraan supaya Allah SWT selamatkan kita sampai tempat tujuan.

Semoga kita selalu selamat dalam berkendaraan. Selalu waspada dalam perjalanan. Saat berkendaraan ingatlah orang-orang yang mencintai kita, menanti dirumah. Kita pulang harus selamat dan membawa kegembiraan untuk keluarga kita bukan malah memberi duka dan kesedihan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Informasi lengkap dan bermanfaat. Terima kasih pak ....

10 Apr
Balas

Astaghfirullah aladziim...Berhati2 di jalan mmg harus kita kedepankan...

10 Apr
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali