Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Hari Lebaran yang Telah Pasti
Viva

Hari Lebaran yang Telah Pasti

Seorang ibu berujar "Wah jika sidang Isbat Kementerian Agama memutuskan Selasa, 4 Mei 2019 lebaran, orang rumah makan apa? Belum masak apapun" Lalu rekannya menimpali "Tidak usah repot, zaman now tinggal beli saja apapun sekarang ada"

Pembicaraan dua orang ibu tersebut menunjukkan adanya kegalauan jika lebaran tidak direncanakan. Padahal menghadapi hari raya adalah hanya sebuah perayaan saja. Perayaan yang mana jika puasanya sebulan penuh diterima oleh Allah Swt diampuni segala dosa dan kembali suci dengan meningkatnya kadar keimanan dan ketaqwaan seseorang.

Sejak diumumkan hasil sidang Isbat, kini hari lebaran itu telah terang benderang yaitu jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. Lebaran tahun ini Alhamdulillah serentak dilaksanakan seluruh Indonesia. Walaupun ada beberapa tarekat yang lebaran lebih dahulu itulah Indonesia. Perbedaan adalah anugerah terindah.

Makna hari lebaran itu banyak sekali seperti perayaan dilakukan secara bersama-sama, sehingga saat silaturahmi kemanapun temanya sama yaitu lebaran. Selain itu adanya kepastian waktu kapan ramadan dapat merencanaan lebih baik apa yang akan dilakukan saat Idul Fitri bersama keluarga.

Terlepas dari makna kepastian hari lebaran tersebut. Jangan pernah lupa makna yang sebenar-benarnya lebaran yaitu rasa syukur saat puasa selama bulan ramadan diterima oleh Allah Swt.

Diterima atau tidaknya puasa seseorang hanya Allah Swt yang tahu. Akan tetapi seseorang berhasil atau tidak pasca ramadan yaitu adanya perubahan sikap dan perilaku dalam hal peningkatan keimanan dan ketaqwaan.

Semoga Allah Swt menerima segala amal ibadah yang telah kita lakukan selama satu bulan penuh di bulan ramadan. Terpenting adalah tindak lanjut pasca lebaran semoga sikap dan perilaku kita dapat lebih baik dari segi keimanan dan ketaqwaan dengan semata-mata apa yang kita lakukan diniatkan beribadah kepada Allah Swt. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Alhamdulillah...sudah pasti besok pagi ya Pak..semoga Ramadan taun ini berhasil dan meningkat pada bulan selanjutnya. Salam sehat dan sukses Pak..barakallah

04 Jun
Balas

Iya bunda Marlupi, sesuatu yang sudah pasti itu membuat hati tenang. Paling penting adalah semoga Allah berikan kesempatan untuk bersua dengan ramadan tahun depan. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

04 Jun

Betul sekali Pak Mulya, semoga kita menjadi insan yang bertakwa. Sukses selalu dan barakallahu fiik

04 Jun
Balas

Iya Bu Vivi. Aamiin ya Allah. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

04 Jun

Amin...Semoga hari-hari selanjutnya menjadi insan yang bertakwa. Salam sehat dan bahagia Pak Mulya..Barakallah....

04 Jun
Balas

Aamiin ya Allah Bunda Rini Yuliati, semoga pasca lebaran bisa jauh lebih baik. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

04 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali