Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Hakekat Berbuka Puasa
sumber: Bukalapak.com

Hakekat Berbuka Puasa

Bagi seorang muslim puasa adalah hal biasa. Ibadah yang dilakukan baik secara wajib di bulan Ramadan maupun disunahkan pada hari lainnya seperti puasa Senen dan kamis, puasa nabi Daud, puasa Syawal, dan hari-hari lainnya.

Puasa pada dasarnya menahan lapar, harus, nafsu, pandangan yang diharamkan, pendengaran yang buruk, perbuatan yang keliru, pikiran yang kotor, menahan hawa nafsu, amarah, dan lain sebagainya. Saat seseorang mempu menahan perbuatan negatif saat berpuasa, tibalah magrib waktu berbuka.

Memaknai berbuka puasa pada setiap orang berbeda. Padahal Nabi Muhammad SAW mencontohkan berbukalah dengan yang manis buah kurma hitungan ganjil dan beberapa teguk air dan setelahnya melaksanakan salat magrib berjamaah di mesjid sangat dianjurkan sedangkan kaum hawa dianjurkan dirumah.

Fakta di lapangan berbeda. Ada sebagian umat muslim yang berbuka menyediakan banyak minuman dan makanan bukaan mulai dari gorengan,kolak, es, lauk pauk, buah-buahan, dan sajian lainnya. Sebenarnya boleh-boleh saja akan tetapi sesuatu yang berlebihan tidaklah baik pasti ada dampak negatif yang dimunculkan.

Hakekat berbuka puasa sebenarnya adalah membatalkan puasa seharian. Kemudian sabar menkonsumsi makanan secukupnya. Mensyukuri nikmatnya makanan dan minuman saat berbuka puasa, berbuka bersama keluarga, dan berbagi bukaan kepada sesama yang berpuasa.

Buka puasa adalah merupakan rasa syukur atas ibadah siri yang telah dilakukan seharian penuh. Ikhtiar telah maksimal dilakukan semoga Allah SWT menerima ibadah puasa yang telah kita lakukan. Jangan nodai dengan berbuka puasa yang berlebihan sehingga dapat berpengaruh terhadap ibadah lain yang akan dilakukan.

Selamat berbuka puasa, kurang dari 10 hari lagi kebiasaan berbuka puasa akan meninggalkan kita, semoga kita dapat memaksimalkan sisa hari di bulan Ramadan ini dan berbukalah dengan sarat akan makna.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali