Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Saat Memasuki Cuti Bersama Ramadan, Inilah 6 Titik Teramai
Pelabuhan Merak. Sumber:KabarPenumpang.com

Saat Memasuki Cuti Bersama Ramadan, Inilah 6 Titik Teramai

Ramadan tidak terasa sudah akan segera usai, jika lebaran jatuh pada hari jumat, 15 Juni 2018/ 1 Syawal 1439 H sekitar tiga hari lagi, pastinya berdasarkan sidang isbat kementerian agama resminya biasa dilakukan 1 hari menjelang hari H.

Semoga saja tahun ini lebaran dirayakan secara berbarengan. Sebagai negera fluralisme Indonesia pernah beberapa kali berbeda hari. Ada yang lebih cepat ada yang lebih lambat. Dasar penentuannya berdasarkan metode perhitungan maupun dengan melihat hilal.

Menjelang hari raya Idul Fitri tiba atau memasuki hari libur cuti bersama maka ada beberapa titik/lokasi terpadat, misalnya saat sekarang memasuki H-3 menjelang Idul Fitri/lebaran yaitu:

  1. Jalanan, tempat ini dipadati orang dengan kendaraan roda dua/empat/angkutan umum yang membawa banyak pemudik. Pemudik umumnya adalah perantau. Mereka sekian bulan sekolah/bekerja saat menjelang hari raya idul fitri berbondong-bondong memadati jalanan. Keberadaan mereka tujuanya sama pergi menuju ke kampung halaman.
  2. Pasar/pertokoan/mall, pengunjung memadati lokasi ini terutama toko pakaian, sandal/sepatu. Tujuannya membeli baju baru yang akan dipakai pada hari raya. Alokasi dana yang digunakan berasal dari Tunjangan Hari Raya (THR)yang hanya ada pada hari raya umat muslim yaitu lebaran.
  3. Pemakaman umum, tempat ini kenapa dipadati penduduk?Bagi mereka yang telah ditinggal wafat ibu/bapaknya saat menjelang idul fitri merka nyekar. Mendoakannya supaya yang dialam sana juga mendapatkan kebaikan.
  4. Jasa penitipan hewan, tempat ini banyak dikunjungi orang yang memiliki hewan ternak yang tidak dibawa mudik. Hewan dititipkan untuk dipenuhi segala kebutuhanya selama pemiliknya mudik. Biaya penitipan hewan relatif mahal dan dibayar secara harian. Jika perhari Rp. 60.000 dititip selama 10 hari, maka biayanya 600.000.
  5. Tempat pengadaian, tempat ini menjadi tujuan banyak orang yang mengadaikan barang berharga milik mereka. Mereka membutuhkan tambahan biaya untuk mudik dan setelah mudik akan ditebus kembali.
  6. Bandara, stasiun, pelabuhan, atau terminal, tempat ini menjadi berkumpulnya pemudik yang memanfaatkan fasilitas angkutan umum seperti bus, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Saat libur cuti bersama bahkan rela menginap di lokasi supaya tidak terlambat pergi mudik.

Dimanakah posisi kita?Bisa jadi kita berada di salah satu lokasi tersebut. Hidup itu pilihan. Idealnya menjelang idul fitri tiba seharusnya kita memadati mushola/mesjid untuk melakukan itikaf mencari keberkahan.dan ridho Allah. Berikhtiar mendapatkan malam lailatul qadar yaitu malam yang pahalanya setara dengan 1000 bulan jika kita melakukan berbagai ibadah terhadap Allah dan sesama manusia.

Apapun pilihan hidup kita semoga Allah SWT mudahkan dalam menjalaninya. Saat ada kesempatan lagi kita dapat melakukan keputusan yang terbaik untuk berpisah dengan ramadan dengan memaksimalkan kualitas dan kuantitas ibadah. Aamiin. Semoga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali