Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Gurusianer Punya Kampung? Selamat Mudik

Gurusianer Punya Kampung? Selamat Mudik

Gurusiana sebagai blog guru memiliki anggota dari Sabang sampai Merauke. Baik dikampung maupun di kota.

Berkah ramadan tidak mengenal suku, agama, ras, dan golongan. Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia khusus ramadan memiliki libur atau cuti bersama terpanjang dalam sejarah kalender masehi Indonesia.

libur panjang menciptakan budaya secara turun temurun yang dikenal dengan istilah mudik. Mudik seolah menjadi hal wajib yang harus dilakukan saat libur menjelang idul fitri tiba. Seolah ajang unjuk kadar kesuksesan hidup yang lokasi pertunjukannya adalah kampung halaman.

Mudik merupakan mobilisasi penduduk yang dilakukan dari tanah rantauan kembali ke tanah kelahiran. mudik di kenal dalam istilah lain pulang kampung. Dengan demikian mudik hanya dilakukan oleh orang yang masih memiliki kampung. Apakah kita punya kampung´╝č jika punya silahkan saja mudik.

Lain halnya yang tidak memiliki kampung halaman lebaran dirumah saja. bagaimanakah dengan para gurusianer´╝č Tentunya kondisinya sama ada yang pulang kampung ada yang tidak punya kampung. Ada yang mudik ada yang tidak.

Mudik membutuhkan kondisi keuangan yang cukup, sehat fisik, pilihan kendaraan yang tepat, cuaca mendukung, jalanan yanh lancar dan tidak macet, dan banyak hal lainnya.

Berkaca pada pengalaman saya, tahun 1998 merantau ke Jakarta untuk kuliah, bekerja, dan alhamdulilah berjodoh dengan orang betawi sampai dengan tahun 2011. Kemudian pada tahun 2011 tersebut sampai sekarang saya mendapatkan tugas dikampung halaman sehingga mudik tidak lagi saya lakukan.

Saat rentangan waktu tersebut setiap tahun saya mudik. Kampung halaman adalah segalanya. Saat ada kesempatan libur pasti pulang. Saat libur Idul Fitri andaikan terjadi badai sekalipun sekali mudik tetap mudik. Saya sangat maklum perasaan dari setiap pemudik.

Selamat mudik para gurusianer yang memiliki kampung, selalu hati-hati dan tetap waspada diperjalanan, utamakan keselematan ingat banyak orang yang mencintai kita sehingga harus selalu hati-hati, semoga sampai ke tujuan dan saat liburan usai dapat kembali kekediaman dengan selamat. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali