Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Guru Juga Manusia
Republika.co.id

Guru Juga Manusia

Guru oh guru. Guru bukanlah profesi yang biasa. Guru adalah profesi yang sangat luar biasa. Mengapa demikian? Guru objek pekerjaannya adalah manusia. Manusia itu tergantung pola pendidikan yang diterimanya bisa menjadi orang yang paling hebat juga bisa menjadi orang yang tidak berguna. Sehingga menjadi penting peningkatan kualitas diri seseorang melalui pendidikan.

Guru sebagai unsur penting pendidikan dituntut melakukan tugasnya sesuai dengan kewajiban yaitu merencanakan pengajaran, melakukan proses pengajaran, membuat alat evaluasi, melakukan evaluasi, melakukan pengayaan dan program remedial. Adapun fungsi bimbingan ada pada guru bimbingan konseling. Lalu ada unsur-unsur lainnya seperti tenaga kependidikan, unsur pimpinan sekolah, komite, sampai pada penjaga sekolah.

Saat siswa baru diterima pada suatu sekolah, mereka akan berbaur dengan semua kakak kelasnya. Berinteraksi dengan para guru dan unsur sekolah lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa guru adalah orang yang paling bertanggungjawab di sekolah. Selama jam belajar semua siswa adalah tanggungjawab sekolah dimana di dalamnya ada sosok guru.

Hal yang perlu diingat bahwa guru juga manusia biasa. Sehingga tidak luput dari kekurangan baik secara sikap dan perilaku. Kontrol pimpinan menjadi sangat penting supaya apa yang dilakukan guru tetap sesuai aturan. Lain halnya jika pelanggaran guru terjadi diluar lingkungan sekolah, itu adalah tanggung jawab guru secara individu.

Ada kealfaan yang dilakukan guru, umumnya karena kontrol dari pimpinan yang kurang, adanya hubungan siswa dengan guru yang terlalu dekat sehingga mengarah kepada penyimpangan sosial, adanya sikap dan perilaku guru yang kurang terpuji berdasarkan laporan banyak siswa, dan lain sebagainya. Potensi itu selalu ada sehingga jangan menutup diri, seolah guru adalah seorang malaikat yang tidak pernah berbuat salah.

Mencegah jauh lebih baik dibandingkan setelah kejadian. Faktanya masih saja ada kasus-kasus penyimpangan sosial yang terjadi oleh guru terhadap murid atau sebaliknya. Bahkan adanya kasus orangtua/walimurid melaporkan guru kepihak berwajib hanya karena masalah penegakkan kedisiplinan di sekolah.

Seyogyanya guru dan pihak sekolah terus berbenah. Memperbaiki sistem belajar, kedisiplinan siswa, guru, lingkungan sekolah yang aman, nyaman, dan kondusif buat belajar, terpantau kamera pengawas, dan unsur lainnya. Kesemuanya dilakukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang baik dalam melakukan proses pendidikan. Jika itu dilakukan pastinya tujuan pendidikan bisa tercapai. Aamiin

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Artinya guru juga lakukan kesalahan, namun perlu pengawasan dan pengendalian diri. Sukses selalu dan barakallahu fiik

02 Jul
Balas

Iya bunda. Saya khawatir siswa di sekolah seharusnya mendapatkan pendidikan yang terbaik, bukan malah sebaliknya. Saya prihatin beberapa guru melakukan penyimpangan sosial terhadap muridnya. Hal tersebut banyak terjadi di dunia pendidikan Indonesia. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda Vivi.

02 Jul

Pak Mulya telah menceritakan apa yang sedang dialami, yang seharusnya proses ini harus dilalui oleh semua guru semoga mereka membaca. Barakallah selalu sehat

02 Jul
Balas

Iya Abah, seorang guru terlatih membaca karakter siswa. Nah saat saya membaca karakter guru, sudah diberikan masukkan tetap saja sesuai sifat dasarnya. Tapi setidaknya jika seorang guru mau selalu memperbaiki diri, Insya Allah guru akan menjadi pribadi yang lebih baik tentunya dibawah kontrol pimpinan dan teman sejawat. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu buat Abah. Barakallah

02 Jul

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali