Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

Apakah Ada Guru yang Menanti Siswa?

Zaman now apakah ada guru yang menanti siswa untuk belajar? Ada, pastinya bukan di sekolah. Lalu dimana? Bimbingan Belajar (Bimbel). Sejak saat kuliah dan sampai sekarang, saya masih mengajar bimbel, tujuannya supaya aktivitas lebih berwarna.

Walaupun dalam hal finansial tidak seberapa, akan tetapi ada suasana yang berbeda mengajar di bimbel dibandingkan di kelas. Mengajar di bimbel siswa lebih heterogen artinya bisa berasal dari tingkatan kelas atau sekolah/madrasah yang berbeda. Sedangkan sekolah adalah homogen, hanya pada siswa di sekolah tersebut saja.

Pola belajar bimbel juga berbeda dengan sekolah. Pada bimbel, panggilan yang berlaku adalah kakak. Ini yang saya suka, usia sudah mendekati kepala 4 masih dipanggil kakak. Serasa menjadi guru saat mahasiswa dulu ketika honor.

Selain itu, belajar di bimbel lebih cendrung menyelesaikan permasalahan belajar siswa melalui fungsi konsultatif atau bahkan menyelesaikan masalah (problem solving) belajar siswa. Enaknya jadi guru geografi, materinya tidak ada yang sulit, semuanya relatif mudah.

Tetapi, tidak enaknya masalah disiplin waktu. Pada bimbel, siswa yang belajar adalah teman dekat. Mereka secara berkelompok mengikuti bimbel bersama, ketika jam bimbel sudah mulai, siswa belum kumpul, maka belajar belum dimulai. Enaknya waktu mengajar tidak bertambah malah berkurang.

Itulah guru dibimbel, kadang harus menunggu siswanya datang atau ngumpul dahulu kemudian belajar. Tapi enjoy saja, memang siswa bimbel ibarat pada dunia perdagangan, mereka pembelinya. Pembeli adalah raja. Harus dilayani maksimal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga anak2 di bimbel dapat manfaat lebih dari yang tidak dapat di sekolah, tulisan yang baik

11 Apr
Balas

Iya pak Sabar, umumnya mereka memilih bimbel untuk mendapatkan solusi, masalah belajar yang dihadapi di sekolah. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Salam literasi

11 Apr

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali