Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Sudahkah Kita Menjadi Guru Profesional?
info guru. id

Sudahkah Kita Menjadi Guru Profesional?

Apakah anda guru? Jika iya, pernahkah berpikir seperti apakah guru yang baik dan profesional itu? Pasti memiliki argumentasi yang berbeda pada setiap orang. Lain halnya teori bisa dibaca dan sesuaikan dengan sikap dan perilaku kita untuk menjadi guru profesional.

Bagi saya sendiri, guru yang baik dan profesional adalah guru yang tidak dibedakan dimana mendidig mereka mendidik. Gaji yang diberikan. Tempat bertugas lembaga pendidikan swasta atau negeri. Dibawah kementerian pendidikan nasional atau kementerian agama.

Guru adalah guru. Guru memiliki tugas utama mendidik. Idealnya saat tugas mendidiknya berjalan dengan baik maka guru tersebut sudah dikatakan baik dan profesional.

Jika berbicara aturan maka banyak kewajjban yang harus guru selesaikan. Mulai dari perencanaan pengajaran, proses pengajaran, dan melakukan evaluasi.

Hal terpenting adalah guru harus terus meningkatkan kualitas diri dengan belajar, belajar, dan belajar. Jika ada kesempatan kuliahlah sampai jenjang tertinggi sehingga siswanya akan mendapatkan keilmuan yang mumpuni dari gurunya karena mampu memfasilitasi kesuksesan anak didiknya.

Secara teknis dilapangan tidak semanis secara teori. Saya pernah menjadi guru honorer sejak dibangku kuliah tahun 2001 s.d 2011. Setelahnya saya menjadi ASN melalui jalur tes umum dan bertugas sampai dengan sekarang.

Kondisi dilapangan guru mendapatkan beban mengajar banyak yang melampaui 24 jam tatap muka. Belum lagi harus mengajar dari kelas terendah sampai tertinggi. Bahkan ada juga yang harus mengajar beberapa mata pelajaran berbeda.

Dampaknya adalah berkas administrasi perencanaan yang membludak harus diselesaikan. Ditambah lagi ada kewajiban membuat laporan kinerja harian, buku kerja, dan tugas tambahan lainnya.

Saat seseorang memutuskan menjadi guru, maka suka atau tidak suka harus menyelesaikan semua kewajiban yang melekat pada dirinya. Berusaha menjadi guru yang baik dan profesional sampai titik darah penghabisan adalah tanggungjawab guru.

Guru adalah manajer lapangan. Keberhasilan manajer tergantung keberhasilan dilapangan, mulai dari perencanaan, proses, dan evaluasi. Guru mengetahui mana yang harus diperioritaskan untuk kebaikan dan kesuksesan mendidik untuk para siswanya.

Guru memerlukan pola pendidikan yang totaliter. Fokus. Tulus dan ikhlas. Selalu berdoa untuk kesuksesan anak didiknya. Niatkan mendidik untuk beribadah.

Tercukupi kebutuhan hidup guru adalah akibat atas apa yang telah dilakukannya. Apapun yang terjadi jadilah guru yang baik dan terus berupaya menjadi guru profesional.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali