Pada tahun 2005-2010 saya pernah menjadi guru di SMA Muhamadiyah 1 Jakarta. Kemudian melakukan penyebaran quosioner terhadap siswa tentang sosok guru idaman versi siswa.
Hasil quosioner tersebut tanpa disengaja saya temukan. Pada kesempatan ini saya bagikan untuk dibaca semoga menjadi masukan untuk para guru siapa tahu ada yang terinspirasi untuk memperbaiki kualitas diri sehingga dapat berusaha menjadi sosok guru idaman versi siswa. Berikut ini hasil repson siswa tentang guru idaman mereka.
- Menjadi guru usahakan ada humor supaya mengajar tidak tegang.
- Menjadi guru jangan mudah emosi/marah dan galak kepada siswa.
- Menjadi guru harus lebih banyak senyum.
- Guru memberikan catatan dan tugas relatif sedikit.
- Berbagi pengalaman hidup guru yang positif sehingga dapat dijadikan pelajaran oleh siswa.
- Menjadi guru harus pemaaf dan tidak emosional.
- Menghadapi siswa tidak emosional dan tidak melakukan kekerasan fisik.
- Mengajar dengan menggunakan metode yang membuat siswa aktif.
- Guru harus rajin mengajar, apabila tidak masuk ada tugas yang jelas.
- Guru harus rajin ibadah
- Guru harus baik hati dan mudah memberikan nilai berdasarkan objektivitas
- Guru tidak bersikap sombong
- Guru hadir tepat waktu saat masuk sekolah, masuk kelas, atau keluar dari kelas.
- Guru.menjelaskan materi pelajaran dengan jelas, rinci, dan detail.
- Guru enak diajak bicara/ngobrol oleh siswanya
- Tidak memandang rendah siswa secara perorangan, anggaplah semua siswa sama, tidak dibedakan.
- Konsisten dengan apa yang telah menjadi komitmen antara siswa dengan guru
- Guru mengajar dengan tegas.
- Guru menjadikan ruang kelas sebagai arena yang menyenangkan
- Guru selalu berpenampilan rapih dan menarik dipandang
- Guru menggunakan minyak wangi yang enak dicium dan tidak berbau mencolok
- Guru mengajar dengan cara berurutan menulis, menerangkan, dan memberikan soal.
- Guru bersikap terbuka dan dapat menjadikan siswa sebagai teman.
- Guru harus disiplin dalam masalah waktu masuk belajar, keluar kelas, mengumpulkan tugas, dan mengerjakan tugas
- Guru dapat diajak becanda pada kondisi-kondisi tertentu.
- Guru harus bertanggungjawab
- Guru memiliki wawasan yang luas tidak ketinggalan informasi
- Guru harus gaul
- Guru bisa memainkan salah satu alat musik
- Guru tidak terlalu memberikan banyak tugas
- Guru harus sabar dalam menghadapi siswa dan saat mengajar
- Guru memiliki sikap pengertian akan kebutuhan siswa saat belajar
- Guru menghargai pendapat siswa
- Saat mengajar guru tahu cara mengajar yang tepat, jelas, dan mudah dimengerti siswa.
- Guru bersikap ramah dan sopan.
- Guru merupakan orang Soleh dan Sholehah yang taat beragama
- Guru memberikan perhatian terhadap siswa saat belajar, masalah siswa, kesulitan belajar siswa, atau tugas siswa
- Guru memiliki kepribadian yang baik dan dapat menjadi suri tauladan
- Guru bersikap terbuka terhadap siswa
- Guru mengajar tidak berbelit-belit, hendaknya mengajar secara detail, dan tidak terburu-buru.
- Guru tidak bersikap otoriter(memutuskan sepihak) dan efisien (mau menang sendiri)
- Saat mengajar guru serius tetapi santai
- Guru saat mengajar tidak membosankan ada metode variasi
- Guru tidak mengulang-ulang pembicaraan/tidak bertele-tele
- Guru dapat diajak curhat dan membantu menyelesaikan masalah siswa dan bisa menjaga rahasia siswa
- Guru tidak pilih kasih kepada siswa
- Guru selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan siswanya
- Guru bersahabat dengan semua siswa
- Guru harus bersikap adil kepada setiap siswa
- Guru berinovatif dan kreatif
- Guru mengenal dan hafal semua siswa
- Guru harus pintar dan bisa menarik perhatian siswa
- Guru mengajar mengedepankan siswa aktif saat belajar individu atau kelompok
- Guru memiliki rasa percaya diri yang tinggi
- Guru serius dalam menjelaskan supaya siswa cepat faham.
- Guru berbicara keras tapi jelas supaya semua siswa mendengarkan dan mengerti
- Guru rajin mengajar sehingga dalam satu semester selalu masuk kecuali sakit atau izin
- Guru bisa mengubah gaya rambut/merapihkan rambut, sehingga penampilan rambut tidak monoton
- Guru jangan cemberut
- Guru melakukan kegiatan belajar diluar kelas sewaktu-waktu
- Guru memberikan games dan materi
- Guru menggunakan bahasa yang sopan, baik, dan benar
- Guru menegur dan tersenyum apabila bertemu di luar sekolah
- Guru menerima keadaan sekolah, jangan ada anggapan negatif terhadap sekolah.
- Guru memberikan sangki sesuai kemampuan siswa
- Guru bersikap sabar dan bijaksana
- Guru galak sewaktu-waktu diperbolehkan
- Guru tidak terlalu banyak memberikan tugas dan catatan.
- Guru tidak terlalu banyak bicara
- Guru bersikap jujur
- Guru berdiskusi dengan siswa dalam hal belajar
- Guru tidak terlalu banyak memerintah
- Guru saat mengajar menunjukan ekspresi yang sesuai.
- Guru saat mengajar to the points, tidak menjenuhkan, tidak membosankan, dan tidak membingungkan
- Mencatat, kemudian disambung dengan menjelaskan
- Guru serius tetapi menyenangkan, tidak terlaku main-main saat mengajar.
- Guru harus dermawan, berwibawa, memperjuangkan yang benar, dan berjiwa ksatria
- Guru bertanya kepada siswa apakah siswa sudah mengerti apa belum
- Guru bersikap tegas pada siswa yang nakal
- Guru mau dikritik siswa apabila ada kesalahan.
- Guru sayang, perhatian, dan tulus pada siswa.
- Guru bersikap profesionalisme
- Guru menguasai materi, ngajar tidak melihat buku saat mengajar di kelas.
- Guru saat ulangan menggunakan variasi soal
- Guru dapat memisahkan masalah pribadi dengan masalah siswa
- Guru memberikan motivasi kesuksesan kepada siswa.
Penilaian para siswa adalah ketulusan mereka dalam mengharapkan sosok guru idaman menurut versi mereka.
Semoga sebagai pendidik kita dapat terus memperbaiki diri untuk menjadi guru yang baik dan profesionalisme.
Guru manusia biasa, tidak luput dari kekurangan akan tetapi harus terus berupaya memperbaiki diri.
Komentar
Siper sekali, saya rasa sebagisn besar apa ygdiminta diswa sudah melekat di diri seorang guru
Iya Bu, idealisme siswa
Panjanh buangeeet hehe... Sip deh !
He...he..sekali-kali panjang bu