Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Fenomena Tarawih Hari Pertama
Sumber:gageto.com

Fenomena Tarawih Hari Pertama

Hari ini hari pertama tarawih. Besok kita puasa. Kampung Slapajang tempat saya tinggal terdapat satu mesjid kampung satu-satunya yaitu Mesjid Baitussalam.

Sejak pagi hari marbot mesjid telah menyiapkan semua keperluan untuk tarawih pertama. Mulai mengepel, menyapu, dan mengetes pengerah suara. Kemudian memberikan pengumuman bagi warga kampung yang akan mengirim doa melalui tahlilan malam dimulai bada magrib.

Saat sholat magrib tiba mesjid sudah mulai ramai. Kemudian setelah selesai sholat magrib, mengerjakan sholat sunah, dan dzikir. Dilanjutkan tahlil mengirim doa untuk para almarhum dari pihak keluarga sekampung. Alhamdulilah sodaqoh makanan berkah pasca acara tahlilan. Acara tahlilan selesai sebelum isya. Kemudian warga pulang ke rumahnya masing-masing.

Saat adzan isya berkumandang semua warga kampung mulai dari tokoh masyarakat, ulama, warga kampung baik bapak-bapak maupun ibu-ibu, remaja putra dan putri, serta anak-anak putri/putra. Kesemuanya memadati mesjid. Sampai semua ruang dalam penuh, kiri dan kanan mesjid, belakang, dan majlis taklim yang menyatu dengan belakang mesjid.

Saat Sholat isya dilaksanakan suasana begitu ramai akan tetapi hikmat. Setelah selesai sholat isya dilanjutkan dzikir, solat ba'diah kemudian Bilal menyampai bacaan tanda sholat tarawih akan segera dimulai.

Sholat tarawih pun dimulai dengan imam ustad Rusman sekaligus penghulu kampung merupakan rekanan KUA. Beliau adalah ustad yang dipercaya warga kampung perihal menikahkan atau mengurusi urusan pengurusan jenazah.

Sholat tarawih dikampung kami 23 rokaat dengan setiap 2 rokaat salam. Kemudian ditutup dengan sholat witir 2 rokaat dan satu rokaat. Setelah selesai berdoa dan membaca niat puasa esok hari di bulan Ramadhan.Kemudian wargapun bubar kembali kerumahnya masing-masing.

Semoga saja sholat tarawih perdana ini dapat dipertahankan jumlah jamaahnya sampai dengan hari terakhir Ramadhan. Sebuah tantangan bagi siapapun umat Islam untuk memaksimalkan ibadah wajib dan sunah di mesjid saat bulan Ramadhan nan penuh berkah.

Semoga Ramadhan tahun ini dapat kita maksimalkan untuk beribadah kepada Allah dan kepada sesama. Ramadhan tahun depan belum tentu kita masih bersua. Sampaikanlah dalam doa-doa semoga Allah panjangkan usia kita sehingga tahun depan dapat kembali bersua dengan Ramadhan.

.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Cpt banget pak...sdh bikin laporan tarawih pertama? Keren....

16 May
Balas

Biar anget informasinya

17 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali