Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Fauna Langka Indonesia Terancam Punah, Waspadalah!

Fauna Langka Indonesia Terancam Punah, Waspadalah!

Indonesia kaya akan fauna. Jika menurut pembagian fauna dunia Indonesia berada pada dua kawasan fauna dunia yaitu Oriental dan Australiatis.

Sedangkan untuk cakupan Indonesia pembagian faunanya ada 3 yaitu fauna Asiatis, Fauna endemik/peralihan, dan fauna Australiatis.

Fauna Asiatis memiliki kesamaan dengan fauna Asia karena pada zaman es dahulu wilayah Indonesia bagian barat (Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan pulau disekitarnya) pernah menyatu dengan daratan Asia. Faktanya orang utan selain di Sumatera terdapat juga di Kalimantan, Harimau di Sumatera terdapat juga di Jawa, begitu juga Badak selain di Sumatera juga terdapat di Jawa.

Fauna Australiatis, pada zaman es dulu wilayah timur Indonesia yaitu Maluku dan Papua pernah menyatu dengan daratan/Benua Australia. Faktanya hewan berkantung bukan hanya ada di Australia juga terdapat di timur Indonesia.

Sedangkan fauna bagian tengah/peralihan merupakan hewan khas Indonesia. Hewannya tidak terdapat di barat dan timur. Wilayahnya Sulawesi dan Nusa Tenggara sejak zaman es sampai sekarang merupakan daratan tersendiri sehingga hewannya khas seperti komodo, anoa, babirusa, burung maleo, yaki (kera khas Sulwesi), dan lain sebagainya.

Fauna khas Indonesia harus di lindungi baik fauna bagian barat, tengah maupun timur. Mengapa harus dilindungi? Supaya generasi Indonesia masa depan tetap dapat mengenal hewan-hewan asli Indonesia. Bayangkan jika tidak dilindungi maka fauna Indonesia terancam punah. Seperti halnya harimau jawa diprediksi sudah mengalami kepunahan.

Sebagaimana kita tahu, bahwa habitat-habiat asli fauna terancam. Berbagai kerusakan hutan dan alih fungsi lahan untuk perkebunan dan pemukiman/bangunan lain terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Kesemuanya disebabkan masalah perut. Jika itu dibiarkan akan memicu konflik antara antara fauna dengan manusia.

Beberapa kasus pernah terjadi seperti harimau Sumatera memasuki pemukiman warga, gajah sumatera merusak perkebunan warga, orang hutan memasuki perkebunan sawit, sekelompok kera memasuki kampung warga, buaya muara memasuki sungai, dan lain sebagainya.

Lalu akankah kita akan membiarkan kondisi tersebut terus terjadi? Tentunya tidak. Perlu adanya berbagai upaya mencegah supaya kepunahan tidak terjadi. Berikut beberapa upayanya seperti mengoptimalkan wilayah konservasi, pemerintah membatasi pengunaan hutan untuk perkebunan, meningkatkan kesadaran warga untuk menjaga fauna, pengembangbiakan fauna langka khas Indonesia, dan memberikan sanksi yang tegas bagi pemburu hewan-hewan khas Indonesia untuk alasan apapun.

Coba renungkan hewan juga makhluk ciptaan Allah Swt. Fauna juga berhak mendapatkan perlindungan dan mendapatkan haknya jika bersinggungan dengan manusia. Fauna juga memerlukan habitat sebagai tempat tinggal, fauna perlu makan, dan berkembang biak. Semua makhluk ciptaan-Nya layak kita perlakukan dengan baik.

Mari seluruh rakyat Indonesia, kita lestarikan fauna Indonesia. Jagalah mereka sebagaimana kita menjaga keluarga kita sendiri. Save fauna langka Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Belajar IPS lewat Gurusiana, Barakallah.

09 Nov
Balas

iya bu, tujuan aku sebenarnya menggugah pembaca untuk peduli terhadap fauna Indonesia yang terancam punah. Jika memberikan informasi untuk ibu alhamdulillah. Semoga ibu sehat dan sukses selalu. Barakallah.

09 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali