Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Es Berbahan Utama Durian
Dokumentasi Penulis

Es Berbahan Utama Durian

Dunia kuliner adalah tidak akan lekang oleh waktu. Siapa yang akan berhenti makan? Hanya kematian yang dapat menghentikannya. Makan adalah hal yang menyenangkan karena itu kebutuhan utama setiap manusia. Apalagi menu makannya bervariasi, enak, nikmat, dan maknyus.

Zaman now zaman teknologi informasi. Usaha kuliner jika berkenan dihati konsumen maka si pembeli akan mempromosikan kuliner secara suka rela. Para pembeli akan menjadi pelanggan setia sehingga akan kembali datang membawa calon pelanggan lainnya.

Saya penyuka berbagai aneka kuliner. Bahkan bersama rekan-rekan komunitas bisa mencari makanan yang berdasarkan referensi anggota komunitas rasanya juara. Saat berburu makanan kami menyebutnya wisata kuliner.

Hal tersebut juga terbawa ke keluarga. Sering kami berpergian hanya untuk mencari makanan berdasarkan informasi dari sumber manapun rasanya juara. Hal itu yang membuat penasaran kami, harga belakangan yang penting membuktikan apakah rasanya enak seperti orang yang merekomendasikan.

Siang ini kami pergi ke suatu tempat yang tidak terlalu jauh dari rumah. Hanya 15 menit jika menggunakan sepeda motor. Sebelumnya pernah berkunjung. Tempatnya kata pegiat media sosial sudah bertrasformasi dan menunya lebih bervariasi. Saya menjadi penasaran, ternyata tetap saja menu andalannya es berbahan utama durian.

Dulu tempat ini pengunjungnya harus mengantri berjam-jam. Ternyata sekarang tidak demikian karena penjualnya memperbolehkan pedagang lain menyatu dengan sebutan Sentral Durian Cisoka. Pengunjung yang datang disajikan banyak menu kuliner dipersilahkan sesuai keinginannya.

Saat kami datang setelah menunaikan salat jumat, karena belum makan siang kami memesan ayam bakar sambal geprek, mpek-mpek palembang, aneka cemilan, dan es berbahan utama durian. Ayam bakar dan nasi, khawatir anak-anak makan es jika belum makan nasi bisa sakit. Jadi makan nasi baru es duriannya kemudian. Mpek-mpek menu awal saja sambil menunggu menu utama diselingi cemilan kentang goreng berbentuk stick.

Tempat ini menu andalannya adalah es berbahan utama durian dengan aneka campuran. Ide es ini luar biasa, disajikan dalam dua tempat gelas plastik dan mangkok. Gelas plastik terisi penuh durian, ada sekitar 5 biji durian dengan daging tebal. Campurannya bisa pilih cendol, mangga, alpuket, oreo, bahkan original. Diberikan es, gula merah karamel, susu, dan parutan keju. Sehingga es dibiarkan menggugelas

Saat mengkonsumsinya gelas es tersebut ditempatkan di mangkuk. Ketika dinikmati es berjatuhan ke mangkok pada akhirnya akan ditumpahkan ke mangkok. Bekas gelasnya untuk menyimpan biji durian yang dagingnya sudah habis dilahap.

Tempatnya sangat nyaman dengan rindang pepohonan. Ada tempat duduk lesehan atau meja biasa. Parkiran luas dan gratis. Justru jika ada orang yang membayar parkiran diarahkan untuk mengisi kotak infak mesjid seikhlasnya. Ada dua kotak satu untuk pembangunan mesjid satu lagi untuk yatim piatu dan kaum duafa. Tertera tulisannya pada masing-masing kotak infak.

Tempat ini sangat nyaman untuk makan keluarga j dengan berbagai menu makanan yang bervariasi dari para pedagang yang berbeda, tetapi menyatu pada satu tempat. Juaranya tetap, es berbahan utama durian. Orang menyebutnya es durian cisoka. Konsep ini bisa ditiru dengan memodifikasi jika ada pembaca terinspirasi menjadi pengusaha kuliner. Jika mau datang silahkan mampir ke Kabupaten Tangerang, Kecamatan Cisoka, Banten.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Jadi pengin makan durian......yummi...wisata kuliner yang menyenangkan

06 Jul
Balas

Es Durian...yummy. saya suka sekali durian Pak Mulya. Sehat dan sukses selalu. Barakallah

05 Jul
Balas

Iya bunda, durian itu enak diberikan tambahan apapun. Terima kasih atas apresiasi dan doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu buat bunda. Barakallah buat bunda

05 Jul

Seger dan nikmat es durian Pak Mulya, saya suka saya suka, hehehe. Sukses selalu dan barakallahu fiik

05 Jul
Balas

Iya bu Vivi eeeuunnaaakk boanget. Terimakasih atas doanya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

05 Jul

Apa pun menu olahan duren, saya suka. Yummi. Sehat selalu ya dg duren.

05 Jul
Balas

Mantap,,, rasanya kepengen deh nyicip...

05 Jul
Balas

Buat juga bisa bunda. Beli durian utuh matang masukan ke mangkok atau gelas. Beri batu es, gula merah cair, susu, alpuket/nangka/cendol/orea, keju batangan diparut. Mudah ko, dibandingkan ke sini jauh he...he... Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Salam literasi

05 Jul
search