Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Eh Ternyata Sistem Zonasi Bisa Disiasati
liputan6.com

Eh Ternyata Sistem Zonasi Bisa Disiasati

Zonasi oh zonasi. Sistem Penerimaan Peseta Didik Baru (PPDB) yang diterapkan di sekolah negeri dibawah dinas pendidikan masih memunculkan berbagai permasalahan.

Terbaru adalah adanya laporan kepada wali kota Bogor terkait 3 siswa yang diterima disalah satu SMA negeri yang mencantumkan namanya pada Kartu Keluarga (KK)/surat keterangan domisi pada warga disekitar lokasi yang deket dengan sekolah

Apakah itu salah? Ini yang menjadi perdebatan. Pihak sekolah bersikukuh bahwa persyaratannya terpenuhi. Pak wali kota bersikukuh harus di diskualifikasi. Tunggu saja akhir ceritanya bagaimana.

Sistem aplikasi yang berbasis online adalah buatan manusia. Sehingga selalu ada celah bisa disiasati. Permasalahannya adalah bagaimana bisa nama siswa bisa masuk ke KK orang lain. Bukannya KK sudah dinasionalisasikan sehingga ada prosedur yang panjang harus ditempuh untuk memasukkan kedalam KK.

Jika begitu mudahnya memasukkan nama ke dalam KK kemungkinannya dua yaitu keluarga yang punya KK kemungkinan bekerja di dinas kependudukan atau ada orang yang memiliki kekuasaan bagaimana caranya keluarganya bisa diterima di sekolah tersebut.

Kasus ini menunjukkan bahwa belum semua orangtua/walimurid memahami tentang tujuan penerapan sistem zonasi. Pola pikir orangtua/wali murid masih beranggapan kesuksesan pendidikan anak ditentukan oleh sekolah yang berprestasi atau sekolah unggulan/favorit sebagai tempat belajar sehingga apapun akan dilakukan oleh orangtua untuk menyekolahkan putra/i di sekolah idaman mereka.

Semoga berbagai kejadian terkait penerapan zonasi dalam PPDB kedepannya bisa dievaluasi sehingga pada penerapan berikutnya bisa jauh lebih baik. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali