Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Ego Pribadi
Alternatif Pathway

Ego Pribadi

Setiap orang dibesarkan di lingkungan keluarga, pendidikan, dan lingkungan yang berbeda. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap pembentukan karakter diri seseorang.

Apakah karakter positif ataukah negatif. Setiap orang memiliki potensi tersebut tergantung pribadi masing-masing mampu mengelolanya atau tidak.

Karakter yang terlihat kasat mata dalam sikap dan prilaku adalah ego pribadi. Ego adalah keakuan. Diri sendiri merasa paling benar. Seolah orang lain selalu salah. Menghalalkan segala macam cara untuk dirinya sendiri. Apapun orang lain lakukan seolah selalu salah dimatanya, selalu merasa dirinya paling benar. Orang seperti ini anti kritik. Andaikan terpojok bilang iya akan tetapi hanya kamuflase belaka. Menenangkan sementara tetapi akan kembali kesikap semula mengagungkan ego pribadi.

Sebenarnya pada dasarkan setiap orang individu. Setiap individu melakukan proses sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Saat bersosialisasi akan bertemu dengan individu lainnya kemudian merangsang karakter diluar ego pribadi muncul seperti toleransi, empati, simpati, suka menolong, kerjasama, kepedulian, menghargai perbedaan, dan lain sebagainya.

Setiap individu memiliki karakter diri yang unik. Jangan pernah memaksakan ego kita terhadap orang lain.

Hiduplah bersama dengan orang lain dengan saling menghargai satu sama lain, memaklumi perbedaan, toleransi, dan sebagai sama-sama umat manusia makhluk Allah. Jadilah pribadi yang toleran terhadap orang lain atas nama kebaikan. Sehingga kita dapat menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali