Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Efek Domino Liverpool,  Totenham Hotspur Lolos ke Final Liga Champion
warta kota. tribunews.com

Efek Domino Liverpool, Totenham Hotspur Lolos ke Final Liga Champion

Dini hari tadi kembali terjadi kejutaan di kompetisi Liga Champion Eropa. Pertandingan antara Totenham Hotspur vs Ajax Amterdam. Pada pertandingan leg pertama di kandang Hotspur, tim Inggris ini kalah 0-1. Akan tetapi pada pertandingan leg kedua Hotspur menang secara dramatis 3-2. Setelah ketinggalan 0-2 dibabak pertama dan dibabak kedua membalas dengan skor 2-3. Satu gol terakhir sebagai penentu kemenangan di cetak di menit terakhir menjelang waktu bubaran.

Ajax bukan tim kacangan. Tim-tim raksasa berhasil ditumbangkan seperti Real Madrid dan Juventus. Pertandingan yang Ajax lakukan seolah tanpa cacat. Akan tetapi pada pertandingan leg kedua, Ajax harus tersingkir. Tersingkirnya Ajak bukan tanpa alasan, melainkan adanya efek domino dari kemenangan Liverpool atas Barcelona. Kemenangan Liverpool seolah menjadi bara semangat bagi para pemain Hotspur.

Hotspur dan Liverpool adalah sesama klub Inggis. Mereka biasa bertanding pada kompetisi yang sama di Liga Inggris, Piala Liga, dan Piala Carling. Saat ini di Liga Champion juga mereka bersama-sama. Akan tetapi berada pada grup yang berbeda, saat di final nanti kedua tim ini akan bertemu.

Saat Liverpool menang secara ajaib. Kekalahan 0-3, berhasil dibalikan menjadi kemenangan 4-0, memantik Hotspur melakukan hal sama. Sebagai sesama tim Inggris, menjadi motivasi bisa lolos ke babak berikutnya dengan meneladani kemenangan fantastik Liverpool. Ternyata semuanya sangat efektif dan berjalan sesuai dengan rencana.

Dalam olahraga tidak ada yang tidak mungkin. Jika ada motivasi yang kuat dan bertanding dengan totaliter sampai waktu pertandingan selesai. Konsep pertandingan seperti ini hendaknya dapat dijadikan pembelajaran bagi para atlet Indonesia atau timnas sepak bola Nasional jika ingin berprestasi.

Selamat bagi Totenham Hotspur. Liverpool selaku klub sesama liga Inggris sudah menanti di final. Sungguh perjuangan kedua tim sepak bola ini sarat akan pembelajaran. Bahwa hasil terbaik itu bisa diraih dengan usaha maksimal, pantang menyerah, mengurangi kesalahan sekecil apapun, motivasi internal, dan juga adanya motivasi eksternal.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali