Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Yuk Ikut Diklat Jarak Jauh (DJJ)?
Wordpress. com

Yuk Ikut Diklat Jarak Jauh (DJJ)?

Kementerian agama sebagai kementerian yang memiliki lembaga pendidikan dibawah nauangannya memiliki balai diklat. Balai diklat menyediakan mata diklat untuk ditempat diklat dan diklat jauh. Adapun tujuanya untuk meningkatkan kualitas pegawai di lingkungan kementerian agama.

Balai Diklat kementerian agama khusus DKI Jakarta menyediakan diklat jarak jauh online yang disebut Diklat Jarak Jauh Balai Diklat Kementerian Agama DKI Jakarta (DJJ BDK Jakarta). Cakupan Wilayahnya yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Kalimantan Barat.

Diklat jarak jauh ini disosialisasikan saat sedang ada diklat dibalai diklat kepada peserta diklat, melalui brosur, situs web BDK Jakarta, group facebook BDK Jakarta, dan dimedia sosial lainnya.

Peserta akan daftar sesuai dengan tanggal pendaftaran. Pendaftaran biasanya membeludak sehingga diklat jarak jauh dibagi menjadi dua gelombang.

Diklat jarak jauh ini dinahkodai koordinator diklat, kemudian tutor, dan admin per mata diklat. Setelah pesertanya ada per mata diklat. Kemudian dibuat grup whatapp untuk memudahkan komunikasi dalam kediklatan.

Diklat jarak jauh ini berbasis website. Peserta diklat harus login terlebih dahulu dengan mengisi biodata sebagai peserta diklat. Kemudian membuat akun dan kata sandi sendiri. Akun dan kata sandi digunakan untuk masuk ke website diklat jarak jauh dan mengikuti kediklatan berbasis daring.

Saat peserta masuk ke website dengan akunnya sendiri. Maka akan masuk ke akun pribadi kemudian memilih mata diklat. Sehingga sesuai mata diklat ada interaksi kediklatan antara tutor, admin, dan peserta diklat.

Materi diklat diawali dengan orientasi diklat, perkenalan dengan tutor, admin, sesama peserta diklat yang sama, pengantar materi diklat, timeline diklat, tata tertib peserta diklat, dan semua hal tentang pengantar kediklatan.

Orientasi diklat selesai dalam rentangan tertentu, kemudian masuk kepada kegiatan belajar 1, 2, 3, dst sesuai keutuhan materi diklat. Setiap kegiatan belajar disajikan materi, diskusi, tugas, dan tes formatif. Nilai yang diperoleh setiap kegiatan belajar harus mencapai kompyenyensi ketuntasan minimal yang telah ditentukan.

Selama diklat jarak jauh berlangsung sekitar 3 bulan lebih terjadi interaksi antara tutor, admin, dan peserta. Interaksi tersebut terkait kesulitan yang dihadapi peserta diklat sejak dimulai diklat sampai dengan diklat berakhir setelah evaluasi sumatif dan evaluasi program.

Diiklat jarak jauh semua prosesnya dilakukan melalui dunia maya. Bahkan sertifikat diklat juga dikirim via biro pengiriman barang. Nilai angka sertifikatnya pun sama dengan diklat di BDK langsung.

Belajar bisa dilakukan dengan cara apapun. Termasuk didalamnya diklat jarak jauh. Zaman now apapun bisa dilakukan termasuk diantaranya diklat jarak jauh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali