Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Bulan Musim Pernikahan
Dokumentasi Penulis

Bulan Musim Pernikahan

Bulan ini orang menyebutnya sebagai bulan haji. Dalam kalender Islam yaitu bulan Dzulhijjah. Bulan yang baik untuk melangsungkan resepsi pernikahan.

Bagaimana tidak, setiap tahunnya pada bulan ini undangan resepsi pernikahan begitu mengantri. Rekan yang bekerja sebagai penghulu di KUA bercerita, begitu padatnya jadwal menikahkan di bulan ini. Bahkan sehari bisa mencapai 4 lokasi.

Sungguh jika niatnya untuk kebaikan apalagi bernilai ibadah di mata Allah Swt, insya Allah semua hari dan bulan adalah baik, apalagi untuk melangsungkan pernikahan. Sebenarnya tidak harus pada bulan ini.

Mau menikah silahkan saja, apakah pada bulan haji setelah syawal atau pada bulan lainnya. He..he..asalkan syarat-syarat nikahnya terpenuhi ada pengantin pria/wanitanya, ada maskawin/mahar, saksi, dan ijab kabul. Tentunya ada yang menikahkan ayah kandung mempelai wanita atau menyerahkan kuasa pada penghulu.

Jangan-jangan mau nambah istri melalui poligami mengikuti sunah rasul di bulan ini? Jika sudah mendapatkan izin dari istri atau sudah bisa bersikap adil silahkan saja. Asalkan niatnya beribadah karena Allah. Tapi jika belum bisa adil jangan memaksakan diri atau bahkan nekad melakukannya. Bisa terjadi perang dunia ketiga di rumah tangga. Pastinya saya juga belum pernah mendapatkan undangan pernikahan untuk istri kedua, ketiga, bahkan keempat. Sepertinya poligami masih dilakukan secara diam-diam dan sesuai syariat.

Bulan musim pernikahan yah bulan ini. Jika akan pergi ke kondangan siapkan saja segala keperluannya apakah dana, kado, transportasi jika lokasinya jauh, jika perlu ada alokasi biaya untuk menginap, dan semua hal dalam memenuhi undangan sang pengundang. Jika semua hal mendukung, memenuhi undangan adalah ibadah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali