Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Buka Puasa Bersama, Kenapa Tidak?
Polka.id

Buka Puasa Bersama, Kenapa Tidak?

Ramadan identik dengan berbagai kegiatan yang rutin dilaksanakan seperti sahur, puasa seharian, berbuka puasa, ibadah tarawih, selain ibadah wajib lainnya.

Berbuka puasa adalah aktivitas makan dan minum setelah seharian berpuasa. Berbuka puasa bisa dilakukan sendiri maupun bersama-sama. Pada dasarnya adalah membatalkan puasa.

Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa berbuka puasa sunahnya dengan yang manis seperti mengkonsumi buah kurma dalam hitungan ganjil dan beberapa tegukan air minum.

Hidup berumahtangga dan bersosialiasi sehingga menciptakan jalinan hubungan darah, bertetangga, hubungan selama sekolah, organisasi, hobi yang sama, hubungan kerja, dan berbagai interaksi sosial lainnya. Kondisi tersebut menciptakan komunitas terkecil sampai terbesar. ide itu pun bermunculkan sehingga tercetuslah keinginan untuk berbuka puasa bersama.

Berbuka puasa bersama dilakukan oleh lebih dari satu orang. Misalnya berbuka puasa berdua, satu keluarga, bersama sahabat, alumni sekolah, organisasi, dan lingkungan masyarakat biasanya dilakukan di mesjid/mushola menjelang magrib tiba.

Berbuka puasa sendiri berbeda dengan bersama. Perbedaannya sangat kentara dalam banyak hal seperti banyak/sedikitnya makanan yang disajikan, jenis minuman/makanan, jumlah peserta buka puasanya, dan lokasi tempatnya.

Berbuka puasa sendiri pada dasarnya membatalkan puasa sudah selesai sedangkan untuk buka puasa bersama saat akan berbuka puasa akan datang lebih awal tujuannya untuk pemesanan tempat atau bercengkrama sambil menunggu seluruh peserta buka puasa hadir. Saat bertemu, bercerita, dan berfoto bersama. Terkadang menjelang berbuka puasa ada siraman rohani menjelang berbuka puasa.

Berkah ramadan memaksimalkan tali silaturhami, sungguh silaturahmi sarat akan manfaat. Bersyukurlah jika masih dapat.berbuka puasa walaupun sendiri alhamdulilah jika kita dapat berbuka bersama lakukan niatkan untuk kebaikan sebagai bagian dari silaturahmi yang dianjurkan agama.

Buka puasa bersama kenapa tidakļ¼Ÿ Asalkan waktu, kondisi, dan keuangannya mencukupi. Pilihan baik supaya tidak monoton. Ada variasi dalam berbuka puasa supaya hidup berwarna. Menjalankan printah agama setelah berpuasa berbuka juga bersilaturahmi. Ibarat pribahasa sambil menyelam minum air. Selamat berbuka puasa sendiri atau bersama.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya paling suka moment berbuka puasa bersama. Ada silahturahmi dan kebersamaan

10 Jun
Balas

iya bunda, buka puasa menjadi lebih spesial

11 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali