Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Belajar Informal, Mengapa tidak!
Dakta.com

Belajar Informal, Mengapa tidak!

Belajar adalah cara yang efektif dalam menguasai banyak hal keilmuan. Kesemuanya pada akhirnya dikembalikan pada setiap orang jalur apa yang akan ditempuh untuk belajar.

Kategori belajar ada 3 yaitu belajar formal (lembaga pendidikan/sekolah), belajar nonformal (tempat kursus), dan belajar informal (belajar dari orang lain/belajar sendiri). Kesemuanya memiliki tujuan yang sama yaitu menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kelak bisa sebagai modal hidup dalam bekerja.

Internet kini telah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Internet bersandingan dengan gawai yang memiliki fungsi multiguna. Semua hal bisa dilakukan menggunakan gawai apapun itu. Akan tetapi ada sebagian orang yang masih belum bijaksana dalam menggunakan gawai dan internet untuk suatu aktivitas yang sia-sia. Padahal dampak positif gawai dan internet sungguh luar biasa.

Seseorang bisa memanfaatkan gawai dan internet sebagai sarana belajar. Belajar melalui jalur informal. Memang bisa? Sangat bisa dan begitu mudah. Asalkan konsep dasar belajarnya dilakukan yaitu baca, tulis, dan praktikan. Sampai benar-benar menjadi bisa.

Hal yang harus dipahami adalah setiap orang harus jujur pada dirinya sendiri. Bidang apa yang disukainya. Landasanya suka, jika sudah suka akan cinta. Jika sudah cinta saat melakukan apapun akan totaliter. Jika sudah totaliter hasilnya akan maksimal.

Misalnya seseorang akan berdagang online. Targetnya adalah bagaimana cara berdagang online. Buka internet dan mulailah berselancar mempelajari bagaimana cara berdagang online. Ingat belajar itu membutuhkan waktu. Minimal 1 bulan seseorang bisa memahami suatu keilmuan. Itupun sifatnya relatif tergantung kesungguhan seseorang. Ingat kuncinya membaca, menulis, dan mempraktikan.

Manusia memiliki daya ingat terbatas. Sehingga untuk melawan lupa, tulislah. Setelah ditulis maka tnggal dipraktikkan. Saat dipraktikkan juga tidak akan langsung berhasil perlu diulang, terus diulang, dianalisis dan dievaluasi. Bahkan pada level terakhir bisa menciptakan hal baru. Sehingga pada akhirnya kelimuan berdagang online bisa dikuasai sebagai suatu hasil belajar Informal.

Ini juga berlaku dengan keilmuan yang lain seperti kuliner, teknologi informasi, berbagai kerajinan tangan, dan lain sebagainya.

Seyogyanya seseorang dapat menjadikan gawai dan internet sebagai sarana belajar informal. Pada dasarnya seseorang bisa sukses diantaranya karena proses belajar yang dilakukannya. Masalah cara belajar itu hanya metode saja. Tujuan akhirnya sama penguasaan ilmu pengetahuan dan life skill. Semoga kita selalu bisa menjadi orang yang senantiasa menjadi pembelajar. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Barakallah pak mulya, semoga kita selalu bisa menjadi seorang pembelajar...

08 May
Balas

Aamiin Aamiin YRA, setuju sekali Pak Mulya, asal ada kemauan, ilmu itu bisa didapat dari mana saja, semoga sehat selalu, Barakallah

07 May
Balas

Iya bunda, berkali-kali saya terkendala karena ketidaktahuan, Alhamdulillah terselesaikan melalui internet. Berbagai media saya jelajahi akhirnya apa yang saya cari ketemu. Sehat, bahagia, dan sukses selalu buat bunda. Barakallah

07 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali