Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
Bacaan Putriku itu
Dokumentasi Penulis

Bacaan Putriku itu "Raksasa Pemangsa Bulan"

Saat saya menerima buku dari gurusianer Ibu Nia Kurniasih (Mey Nia) yang berjudul Raksasa Pemangsa Bulan. Buku tersebut saya bawa ke rumah melengkapi koleksi buku saya.

Biasanya ketiga putri saya bertanya terlebih dahulu, perihal izin membaca buku ayahnya. Kata mereka "Yah, boleh ga aku baca buku yang ini, yang itu" Jika bacaannya terlalu berat/dewasa saya tidak izinkan. Saya mengalihkan mereka untuk membaca koleksi buku mereka masing-masing.

Lain halnya dengan buku Ibu Nia, Raksasa Pemangsa Bulan. Setelah saya membacanya, buku tersebut menceritakan tentang kondisi desa dimana Ibu Nia menjadi guru. Selanjutnya menceritakan tentang Agus dan Mey yang belajar di SD, mereka teman sepermainan sering melakukan aktivitas bersama, termasuk pergi mengaji saat malam menjelang. Karakter Agus pemberani sedangkan Mey relatif penakut perihal asumsi tentang adanya Raksasa Pemangsa Bulan. Lebih lanjutnya baca saja deh.

Kemudian saya menyimpulkan bahwa, buku ini menarik untuk bahan bacaan usia SD. Ketiga putri saya adalah usia SD. Saat malam bada Isya, saya bersama keluarga kecil saya berkumpul. Setelah mereka pulang mengaji di ustad sekitar rumah.

Saat itulah saya beraksi. "Ayah punya buku baru, jangan ganggu yah nak" kata saya. Anak-anak merespon "Wah gambar covernya itu apa itu yah? " "Sttt nanti baca saja sendiri isi bukunya, asalkan setelah membaca, ceritakan kembali isinya, ok" jawab saya. "Ok yah" sahut Nafisa putri saya yang kedua (foto tulisan).

Saya sebenarnya sudah membaca buku ibu Nia, ah saya baca ulang saja dengan sistem baca cepat scaning hasil belajar dari pelatihan kelas editor he..he.. "Sudah selesai nak, ayo siapa dulu yang mau baca? " jawab mereka "Aku yah" "Oh yah sudah gantian, toh bukunya juga tidak kemana-kemana.

Kemudian mereka membaca secara bergantian. Jumlah halamannya tidak terlalu tebal sehingga mereka membaca relatif cepat. He..he..efek mereka membaca buku sepertinya. Semoga kelak kalian menjadi anak-anak yang pinter dan solehah. Aamiin. Kemudian saya menanyakan perihal isi buku. Kemudian mereka menafsirkan sendiri isi buku Raksasa Pemangsa Bulan tersebut.

Terima kasih bukunya Ibu Nia. Putri-putri saya menyukainya. Tidak banyak koleksi buku-buku SD yang saya miliki. Kecuali buku-buku pilihan anak-anak saya sendiri. Saya punya prinsip, jika anak yang menginginkan buku untuk mereka sendiri, artinya hal tersebut mereka sukai dan pasti buku akan dibaca. Buku Ibu Nia adalah sebuah pengecualian. Walaupun dari saya, mereka suka membacanya.

Wah buku ini bagi siswa usia SD sangat rekomended untuk membacanya. Setidaknya dapat menambah literasi buku pada usia SD karena isinya sarat akan pembelajaran. Semoga saja kedepanya semakin banyak buku-buku untuk usia SD terbit. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Trimakasih buat Ananda Nafisa... Semoga jadi anak anaknyang sholehah. Luar biasa. Salam

11 Feb
Balas

Aamiin ya Allah. Terima kasih. Semoga qobul doanya.

12 Feb

Wah, Mbak Nafisa Cantik, senang baca buku ya? Pasti kelak jadi siswa yang cerdas. Salam sayang dari Enin Teti di Tasikmalaya

12 Feb
Balas

Aamiin ya Allah. Terimakasih Enin Teti. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat Enit Teti

12 Feb

Minat buku nya pak hehe

11 Feb
Balas

Iya bu Fera, alhamdulillah mereka suka membaca. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

12 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali