Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Baca Yuk, 3 Tugas Guru yang Penting untuk di Ketahui
Guru itu saat disekolah pengganti orang tua siswa

Baca Yuk, 3 Tugas Guru yang Penting untuk di Ketahui

Guru adalah profesi yang mulia. Ingin menghimpun bekal ke alam kubur jadilah guru. Seorang guru akan memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Selama siswa masih menggunakan ilmu yang guru berikan selama hidupnya in sha Allah pahala akan terus mengalir. Laksana ladang yang senantiasa berbuah tanpa mengenal musim. Tugas guru meliputi 3 hal yaitu profesi, kemanusiaan, dan kemasyarakatan.

  1. Tugas guru sebagai profesi, guru juga manusia selain berprofesi sebagai guru, seorang guru juga memiliki keluarga. Terkadang berada pada kondisi dilematis saat pada waktu bersamaan dibutuhkan pada dua pilihan tempat madrasah/sekolah atau keluarga di rumah. Setidaknya fleksibeliitas ya liat tingkat urgensi pentingnya kegiatan di madrasah (sekolah)/keluarga. Ketika kita telah memutuskan bahwa kita telah memilih profesi guru maka guru harus mampu mendidik, guru harus mampu mengajar, dan guru harus mampu melatih. Mendidik artinya guru mampu menyampaikan nilai-nilai ketuhanan dan sikap perilaku sikap. Mengajar seorang guru harus mampu menyampaikan ilmu pengetahuan yang diampunya dengan kata lain ada transfer keilmuan dari guru ke siswa. Melatih guru mengembangkan keterampilan (skill) dan penerapannya pada kehidupan sebenarnya.
  2. Tugas guru sebagai kemanusiaan, tugas guru sebagai kemanusiaan menitik beratkan pada peran guru disekolah sebagai orangtua kedua, siswa dapat merasa nyaman saat disekolah seolah dirumahnya sendiri. Sehingga siswa merasa nyaman saat belajar dengan gurunya. Guru harus menarik dari segi sikap dan prilaku dengan menerapkan metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa menyukai proses belajar. Guru juga harus merubah diri sehingga menunjukan sikap dan berprilaku yang dapat dijadikan contoh/teladan bagi siswa. Guru juga harus mampu mengidentifikasi kekurangan dirinya dalam memberikan pendidikan dan membimbing siswa yang keliru dalam hal sikap dan perilaku sehingga siswa tidak mengulang kesalahan.
  3. Tugas guru sebagai kemasyarakatan, tugas guru pada bidang kemasyarakatan adalah mendidik dan mengajar masyarakat untuk menjadi warga negara Indonesia yang bermoral sesuai dengan falsafah bangsa, selain itu turut serta dalam mencerdaskan bangsa Indonesia.

Siapapun orangnya saat memutuskan menjadi guru maka harus memahami tugasnya. Apabila tugasnya difahami maka tujuan pendidikan akan tercapai yaitu adanya perubahan sikap dan perilaku pada diri siswa karena adanya interaksi dengan guru, sesama siswa dan lingkungannya.

Menjadi guru harus ikhlas dan tulus, niatkan untuk ibadah. Allah SWT maha tahu apa yang terbaik untuk hidup kita saat memilih profesi guru. Rizki adalah sebab akibat dari apa yang kita lakukan. Jangan pernah takut melakukan berbagai kebaikan, setiap kebaikan yang kita lakukan akan Allah berikan balasan berupa kebaikan untuk kita dengan cara yang tidak terduga, darimana saja, dan melalui siapa saja. Salam untuk seluruh guru Indonesia. Salam literasi gurusiana.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Peringatan untuk kita gurusianaer, terima kasih Pak ...

10 Feb
Balas

Iya pak buat saya juga sebagai sebuah peringatan

10 Feb

Aamiin... Terimakasih sudah diingatkan

09 Feb
Balas

Sama-sama bu

09 Feb

Aduuuh...,terimaakasih banget Pak, sudah mengingatkan. Baarokallah....Pak.

09 Feb
Balas

Sesama guru saling mengingatkan he..he..salam literasi

09 Feb

Terimakasih Pak Mulya sudah berbagi ilmunya, semoga kita para guru bisa amanah, bekerja sesuai dengan tupoksi-nya. Aamiin.

10 Feb
Balas

Iya bu, profesionalisme dalam bidang kita

10 Feb

In Syaa Allah, Pak

10 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali