Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Pentingnya Peran Ayah dan Membahagiakanya adalah Keutamaan
http://www.galuhkartika.com

Pentingnya Peran Ayah dan Membahagiakanya adalah Keutamaan

Judul ini terinspirasi gurusianer Pak Samsul Ma'arif yang menulis puisi dengan judul Bunda Layak Bahagia. Sangat setuju banget. Akan tetapi Ayah juga layak bahagia.

Peran ayah memang dalam kancah kajian sosial seolah terlupakan dalam konsep pemaknaan makna, surga saja ada di telapak kaki bunda bukan telapak kaki ayah.

Sebenarnya peran antara ayah dan bunda adalah satu kesatuan, saling melengkapi, saling mendukung satu sama lain, saling mengisi, saling menjaga, saling menyayangi, bersama mendidik-anak, dan lain sebagainya.

Walaupun satu kesatuan secara struktur organisasi sosial rumah tangga ayah adalah leader sang kepala rumah tangga. Keputusan apapun ada ditangan ayah setelah didiskusikan dengan bunda tentunya untuk kebaikan keluarga ada di ayah.

Jasa-jasa ayah tak terhingga. Pernahkah kita berpikir. Kita tidak akan terlahir apabila ayah tidak memutuskan untuk menikah dengan bunda. Proses panjang mulai menghitbah, akad nikah, resepsi, berjuang bersama mencari tempat tinggal yang layak, bekerja siang dan malam, banting tulang mencari rizki untuk memenuhi segala kebutuhan keluarga untuk bunda dan buah cintanya.

Pernahkah berpikir bagaimana posisi ayah saat bunda dan anak-anaknya sakit. Ayah akan izin ditempat kerja atau memilih menginap dirumahnya sakit, berkonsultasi dengan dokter dan perawat untuk kesembuhan, membeli makanan untuk bunda dan anaknya saat sakit, memberikan motivasi supaya sembuh, membayar sejumlah uang, ayah bahkan tidak peduli pada dirinya sendiri apakah sudah mandi atau belum, sudah makan atau belum. Semuanya dilakukan untuk bunda dan anak-anaknya.

Ayah juga sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Ayah sangat peduli untuk berkonsultasi ke bunda perihal pendidikan, bahkan ambil raport saat bunda tidak bisa. Biaya pendidikan putra-putrinya mulai dari TK sampai dengan perguruan tinggi. Beberapa banyak pengorbanan ayah untuk pendidikan putra/inya. Sudah tidak terhingga.

Pendidikan dirumahnya pun peran ayah sangat penting. Bersama mendidik anak-anak bersama bunda. Tidak semua pola pendidikan dapat dilakukan ibu, karena peran ayah adalah sebagai pemimpin dirumah. Fungsi tersebut harus difahami oleh putra/i seperti penegakan kedisiplinan, bersikap dan berprilaku sesuai nilai dan norma, nasehat, berbagi pesan moral, berbagi pengalaman hidup, mengajarkan agama, menjadi panutan, dan lain sebagainya.

Peran ayah sampai putra/i nya pendidikannya selesai masuh belum tuntas. Ayah harus memastikan bahwa putra/putrinya mendapatkan pekerjaan dan jodoh yang baik. Semuanya dilakukan supaya ayah sebagai kepala keluarga tenang bahwa putra/i berada ditempat yang tepat untuk menghadapi kerasnya dunia.

Saat menikahkan putrinya ayah harus menjadi wali dan menikahkan putrinya. Untuk putranya mendampingi saat menikahkan supaya putranya merasa yakin atas keputusannya.

Peran ayah sangat luar biasa. Jasanya bagi hidup kita tidak ternilai. Saat usia telah menggerogoti tubuhnya, kulitnya mulai keriput, penglihatannya berkurang, tenaganya mulai tergerus, lelah sering menjadi sahabatnya. Sakit sudah semakin sering menghinggapi. Semua itu adalah bukti akhir sisa-sisa perjuangan ayah kita.

Ayah sangat layak untuk bahagia. Bersyukurlah saat ayah masih ada, sebagai putra/i nya kita masih diberikan kesempatan untuk membahagiakannya. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membahagiakannya seperti bercengkrama dengan beliau, membelikan makanan kesukaannya, memenuhi segala kebutuhan hidupnya, sering bersamanya, mengajak anak-anak kita sebagai cucunya untuk lebih sering bersamanya, memberangkatkan umroh, memberangkatkannya haji, apapun kita harus lakukan untuk membahagiakannya sebagai bentuk balas jasa atas perjuangannya menjadi diri kita seperti sekarang. Andaikan beliau telah tiada berdoalah, mengajukan, bersedekahlah mengatasnamakan mereka, In sya Allah beliau akan tersenyum bahagia di alam barjah.

Sudah kita membahagiakan ayah kita? Semoga saja kita termasuk putra/i yang berbakti kepada kedua orang tua kita. I love you ayah, i love you bunda, i love you ayah dan bunda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Ya sosok ayah dan kiprahnya sangat diharapkan dalam keluarga my father is my hero selalu jadi slogan anak yangtumbuh dengan kasih sayang seorang ayah secara lengkap

11 Feb
Balas

Iya bu, sungguh berbahagia bagi anak yang memiliki ayah terbaik, semoga kita dapat membahagiakannya

11 Feb

kolaborasi ayah dan bunda akan menimbulkan kebahagiaan tersendiri dalam keluarga

11 Feb
Balas

Setuju banget

11 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali