Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Amarah
hello sehat. com

Amarah

Sebagai manusia biasa sangat wajar jika marah. Sangat manusiawi. Akan tetapi marahlah pada saatnya marah. Marahlah pada tempat yang tepat. Jangan sampah marah pada tempat yang salah. Lebih-lebih marah tanpa alasan yang jelas.

Manusia sebagai makhluk sosial. Saat berinteraksi dengan manusia lain tentunya tidak selalu baik, pasti ada gesekan.

Lingkungan luar manusia terdiri dari keluarga, tetangga, rekan kerja, dan masyarakat sekitar. Setiap pergaulan tidak selalu berjalan baik. Tentunya akan terjadi konflik sosial baik disengaja atau tidak. Konflik terjadi karena adanya interpretasi berbeda pada setiap orang. Kondisi tersebut akan memicu munculnya amarah.

Islam mengajarkan boleh marah terhadap oranglain akan tetapi tidak boleh lebih dari 3 hari. Sehingga karena hal tersebut adalah konsep agama maka harus mematuhinya. Jangan baper (bawa perasaan) dalam menyikapi setiap masalah dengan amarah.

Saat sedang marah janganlah mengatakan dan berbuat sesuatu. Saat kondisi marah maka sikap dan perilaku seseorang diluar akal sehat. Jika tidak mampu menahan amarah akan fatal akibatnya. Keputusan yang diambil saat marah akan menjadi penyeselan saat kemarahan telah reda.

Saat marah hendaknya menghindari kejebak dalam kemarahan misalnya pergi untuk menenangkan diri, beristigfar, berwudhu, melakukan salat, atau membaca Al Quratau

Amarah sebenarnya sangat alami. Setiap orang pasti memiliki kemarahan pada hal-hal tertentu. Terpenting adalah bagaimana memanajemen kemarahan. Marahlah pada tempatnya untuk menegakan kebenaran atasnama nilai maupun agama. Semoga kita terhindar dari kemarahan yang membawa kedalam keburukan. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Orang yang baik adalah yang dapat "mengkomunikasikan" marahnya meski saat itu dia pantas untuk marah. Semoga kita termasuk orang-orang yang mampu "mengkomunikasikan" marahnya dengan baik. Jazakallah khoir sudah sangat mengingatkan, pak guru. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

27 Jun
Balas

Iya bunda, sama-sama

28 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali