Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
Adzan Panggilan Ilahi
Sumber: Rukun Islam.com

Adzan Panggilan Ilahi

Bagi seorang muslim ibadah adalah kewajiban. Selain ada ibadah wajib juga ada ibadah sunah. Ibadah wajib diantaranya sholat. Sholat dilakukan sehari dalam 5 (lima) waktu yaitu Magrib, Isya, Subuh, Dzuhur, dan ashar.

Lima waktu tersebut berbeda-beda waktunya mulai saat matahari tenggelam, malam, waktu menjelang matahari terbit, siang, dan sore hari.

Saat adzan berkumandang pada dasarnya adalah panggilan ilahi. Mengajak untuk beribadah kepada sang pencipta. Menghambakan diri sebagai bentuk penyerahan diri kepada Sang Maha Kuasa.

Mengapa Allah mewajibkan sholat 5 waktu? Hati manusia senantiasa dibolak-balik. Serangkaian aktivitas yang kita lakukan selama 24 jam senantiasa mengalami berbagai kealfaan. Sholat mencegahnya.

Syetan senantiasa menggoda mengatasnamakan kesibukan, pekerjaan, lelah, rapat, dan lain sebagainya. Berupaya untuk mengajak seseorang ingkar dan melakukan banyak kekeliruan.

Saat seseorang melakukan sholat wajib setiap sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Apalagi ditambah dengan melakukan berbagai sholat sunah.

Setelah sholat andaikan melakukannya perbuatan keliru, maka pada waktu sholat berikutnya dikembalikan ke titik nol, dan seterusnya. Sehingga setiap 24 jam seorang manusia selalu terjaga untuk tidak melakukan perbuatan keji dan mungkar.

Sholat dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar? Tentunya sholat yang senantiasa dilakukan dengan ilmu dan penuh kekhususan.

Kesemuanya diawali dengan adanya kepekaan ketika waktu sholat tiba dan suara adzan berkumandang. Sang penggoda selalu membisik untuk mengabaikan dan menunda melaksanakan kewajiban sholat. Siapa yang tidak tergoda adalah pemenangnya dan yang tergoda adalah menjadi sekutu syetan.

Semoga kita termasuk orang-orang yang tidak lalai dalam sholat. Orang yang senantiasa mengingat bahwa kita hanya makhluk ciptaan dari Sang Penguasa Alam. Titah sang maha kuasa beribadah kepada Allah dan kepada sesama manusia. Meraih kesuksesan dunia akan tetapi tidak melupakan akhirat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali