Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, dan memancing....

Selengkapnya
5 Tips Melawan Lupa, Nomor 5 yang Terpenting!
kaskus. co. id

5 Tips Melawan Lupa, Nomor 5 yang Terpenting!

Lupa adalah hal yang wajar. Manusia tidak bisa terlepas dari sifat lupa. Walaupun demikian manusia harus tetap berikhtiar supaya bisa melawan lupa. Berikut ini 5 tips bagaimana caranya melawan lupa yaitu:

  1. Miliki buku agenda kerja ukuran kecil, mengapa harus kecil? Supaya dapat dibawa kemanapun. Tulis pada agenda kegiatan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Zaman now fungsi buku agenda bisa digantikan dengan kalender digital pada gadget. Tinggal ditulis tanggal dan bulan serta acara apa yang akan dilakukan. Pasang alarm untuk mengingatkan. Mengunakan jam weker juga bisa dilakukan, jika pada saat pagi dini hari harus bangun untuk suatu keperluan seperti qiyamul lail, menulis, atau mengerjakan sesuatu.
  2. Tulis agenda kegiatan pada kertas warna warni ukuran kecil yang berisolasi. Kemudian tempel pada tempat yang mudah terlihat/terbaca. Apakah dimeja kerja/belajar atau tempat favorite duduk. Hal tersebut akan membantu kita terus membaca apa yanh akan dilakukan.
  3. Ingatkan orang yang disekitar kita untuk mengingatkan, mengenai apa yang akan kita dilakukan. Misalnya kepada suami/istri atau rekan kerja. Jika seseorang memiliki sekretaris/staf bisa untuk mengingatkan kita jika ada kegiatan.
  4. Jika akan menyimpan sesuatu, tempatkan pada tempat awalnya. Sehingga saat lupa maka ke tempat tersebut untuk mencari yang diperlukan. Misalnya menyimpan dokumen penting pada folder plastik khusus maka selalu tersimpan pada tempat tersebut.
  5. Berdoa kepada Allah Swt supaya dijauhkan dari penyakit lupa. Memohon kepada sang pencipta dijauhkan sifat pelupa dan dikuatkan ingatan.

Semoga saja kita terhindar dari sifat lupa. Walaupun lupa sebuah kewajaran akan tetapi harus terus dikhtiarkan untuk menguranginya.

Bayangkan, kita sebagai guru yang mengajar sejauh puluhan km ketempat kerja, kemudian gadget tertinggal karena lupa, padahal kita sedang menunggu informasi penting maka akan menjadi dilema bagi kita.

Permahkah kita melakukan pemberkasan surat-surat penting. Hari pengumpulan sudah mepet, misalnya hari itu pengumpulannya, ternyata lupa tertinggal dirumah yang jaraknya sangat jauh, bayangkan bagaimana bingungnya kita?

Bisa juga saat kondangan saat pulang, lupa istri tertinggal di tempat kondangan bisa di embargo saat malam tidur he..he.. Waspada sifat lupa, semoga kita terhindar dari sifat tersebut. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Sangat bermanfaat sekali Pak Mulya, terimakasih atas lima tips melawan lupa. Terkadang terjebak pada agenda padat, terburu-buru, dan waktu yang tak mendukung, akhirnya membuat kita mudah sekali melupakan benda atau hal penting.

06 Dec
Balas

Sangat alamiah sebenarnya bu, setidaknya ada pengingat untuk melawan lupa. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

06 Dec

Aamiin...makasih tipsnya Pak..semoga yang nomer 5 senantiasa dilakukan agar terhindar dari diri yang pelupa. Sehat dan sukses Bapak

06 Dec
Balas

Iya bu, semoga ingatan kita kepada sang Khalik bukannya hanya tentang lupa, akan tetapi mengenai semua hal. Sehat, sukses, dan bahagia selalu. Barakallah.

07 Dec

Saya juga sering lupa jika menaruh sesuatu. Tapi menurut penelitian orang yang pelupa adalah orang yang cerdas. Hehehe. Barakallah. Semoga sukses selalu.

06 Dec
Balas

Lupa wajar bu, pelupa orang yang cerdas? Bisa jadi karena banyaknya aktivitas yang dilakukan orang cerdas sehingga karena saking banyaknya jadi lupa. Sangat masuk akal. Terimkasih atas doanya, sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah.

06 Dec

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali