Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
30 Hari Mencari Ridho Allah (Takjil Hari ke 5)
Ebru TV Kenya

30 Hari Mencari Ridho Allah (Takjil Hari ke 5)

Berbuka puasa tentunya hal yang paling dinantikan saat berbuka puasa. Akan tetapi tetap berbuka puasa tidak berlebihan, baiknya secukupnya saja. Fakta dilapangan terkadang seseorang saat berpuasa ibarat ajang balas dendam. Bahasa pegawainya adalah dirapel. He..he...saat menahan lapar sejak sahur sampai berbuka puasa, makan dan minumnya diakumulasikan pada saat magrib tiba. Padahal perbuatan tersebut hanya menurutkan hawa nafsu. Harus diingat ada aktivitas lainnya setelah berbuka puasa yaitu salat magrib berjamaah, membaca tilawah, salat isya berjamaah, dan salat tarawih. Jika takjilnya diakumulasikan dengan beragam makanan maka yang terjadi justru kondisi kekenyangan makanan dan minuman. Hal tersebut akan menghambat aktivitas setelah berbuka puasa.

Padahal semua sikap dan perilaku seorang muslim ada Sang Suri Tauladan. Beliau adalah Nabi Agung Muhammad Saw. Sebagaimana hadits dari Anas bin Malik radhiyayallahu 'anhu berkata " Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berbuka dengan ruthab (kurma muda) sebelum shalat, jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan kurma, jika tidak ada kurma, beliau minum dengan satu tegukan air" (HR Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah).

Sunahnya sudah sangat jelas. Pada hakekatnya tidak berlebihan karena akan melakukan ibadah wajib salat. Zaman now sungguh luar biasa dunia kuliner. Mulai dari berbagai aneka minuman, kue, makanan. Jika tidak membuat sendiri bisa membelinya. Bahkan dapat pula memanfaatkan jasa pemesanan makanan. Menggunakan gawai, makanan sebelum magrib sudah sampai kerumah.

Berbagai kemudahan tersebut pada zaman now menyebabkan mudahnya untuk menyediakan takjil saat berbuka puasa. Menjelang magrib akhirnya makanan sudah banyak tersaji di meja makan. Begitu menggoda sehingga kesemua jenis makanan dan minuman akhirnya berlebih. Padahal anjurannya cukupkan saja.

Baiknya mengikuti jejak rasul sebelum dengan selalu memperhatikan adab makan yaitu makan makanan yang halal, memuji makanan dan tidak mencelanya, mendahulukan makan dibandingkan salat jika makanan sudah dihidangkan, tidak menggunakan alat makan yang terbuat dari emas dan perak, menggunakan tiga jari saat makan, sebaiknya tidak menyantap makanan yang masih sangat panas dan sangat dingin, menyantap makanan dari yang terdekat, memungut, membersihkan, dan memakan makanan yang jatuh, jika ada lalat yang jatuh kemakanan celupkan lalat kemudian makanlah makanan tersebut, cuci tangan sebelum dan setelah makan, berdoa sebelum makan, makan dengan tangan kanan dan duduk, tuntunan bagi orang yang makan dengan berdoa supaya berkah, bersyukur setelah makan, mengambil nafas di luar gelas, berkumur setelah minum susu, dan awas mubajir.

Dengan demikian saat berbuka puasa dengan takjil berbuka puasa, aktivitas yang dilakukan selalu bernilai ibadah. Kesemuanya harus terus dilatih dan dibiasakan supaya berbuka puasa sarat akan makna dan pembelajaran hidup. Sebagai seorang muslim, sejak dilahirkan sampai dengan dikebumikan selalu ada aturannya. Sesungguhnya aturan dari langit dibuat untuk kebaikan umat manusia itu sendiri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali