Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
30 Hari Mencari Ridho Allah SWT (Sahur dan Buka Puasa-Hari 2)
tribunnews.com

30 Hari Mencari Ridho Allah SWT (Sahur dan Buka Puasa-Hari 2)

Ramadan oh ramadan. Bulan ini sungguh mulia. Banyak hal yang dapat menjadi pembelajaran. Semua yang dilakukan bernilai ibadah dan pahalanya berlipat ganda asalkan dilakukan secara tulus dan ikhlas semata-mata hanya mengharap ridho Allah Swt.

Saat bulan ramadan ada dua aktivitas yaitu sahur dan buka puasa selain banyak aktivitas lainnya. Memaknai sahur dan buka puasa itu adalah aturan langit. Sahur sangat dianjurkan dan buka puasa diwajibkan.

Saat perintah puasa ini diberikan, maka disunahkan sahur dan diwajibkan berbuka puasa. Sahur dilakukan menjelang subuh, atau sunahnya diakhir waktu.

Sahur itu maknanya sangat mendalam, bagaimana tidak. Makanan yang dimasak untuk sahur, disiapkan sebagai bahan energi selama puasa, bisa dibayangkan yang memasak makanan untuk orang beribadah adalah pahala yang besar. Lalu saat sahur semua anggota keluarga berkumpul. Tentunya untuk makan sahur harus bangun lebih awal pada sepertiga malam. Sebelum memasak bisa melakukan ibadah malam terlebih dahulu. Menghamba dan mengetuk pintu langit melalui munajat-munajat doa.

Lalu saat sahur ada disiplin waktu yang tidak boleh diabaikan. Tidak ada pengawasnya dari siapapun hanya keimanan dan ketaqwaan setiap orang kepada Allah. Bisa saja saat sahur makan terus sampai subuh. Tetapi itu tidak dilakukan karena ada iman pada hati setiap orang. Allah mengawasi.

Lalu setelah seharian berpuasa menjelang berbuka puasa, menyiapkan menu berbuka. Bisa memasak sendiri, atau bahkan membelinya. Saya biasanya menawarkan pada istri apakah akan membuat atau membeli. Fleksibelitas saja asalkan menu berbuka sehat dan menyehatkan. Berbuka puasa juga tidak boleh berlebihan. Sunahnya awali dengan yang manis-manis. Selalu perhitungkan porsi berbuka karena ada aktivitas ibadah lainnya pasca berbuka, jangan sampai lalai.

Berbuka puasa merupakan hal yang paling dinantikan setiap keluarga. Berkumpul bersama keluarga itu sangat mahal. Apapun menu berbuka puasa, jika dilakukan bersama anggota keluarga menjadi hal yang sangat membahagiakan.

Sahur dan berbuka puasa merupakan hal yang harus dioptimalkan selama ramadan. Saat itulah nilai-nilai kebaikan bisa terus ditanamkan pada anak terkait ibadah puasa. Sebagai orangtua juga puasa sebagai ajang diklat ruhaniah supaya terus dapat meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kepada Sang Khalik.

Kepada anak banyak hal yang bisa ditanamkan saat sahur dan berbuka puasa seperti bersabar saat sedang puasa, tidak mudah marah, kejujuran, keimanan kepada malaikat bahwa setiap aktivitas selalu ada yang mengawasi, kemauan berbagi, perihal ibadah, pahala puasa, dan lain sebagainya.s

Memasukan sugesti kebaikan idealnya pada saat menyenangkan dan membahagiakan. Saat membahagiakan itu diantaranya saat sahur dan berbuka puasa.

Semoga saja sahur dan berbuka puasa dapat menjadi wahana dalam meraih berbagai Ridho Allah Swt. Aamiin.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Buka dan sahur, rangkaian puasa yang tak dapat ditinggalkan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

07 May
Balas

Iya bu Pipi. Sahur dan buka puasa adalah hal yang terindah saat berpuasa sarat akan banyak makna dan hikmah di dalamnya. Terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

07 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali