Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
30 Hari Mencari Ridho Allah SWT (Jaga Lisan-Hari ke 4)

30 Hari Mencari Ridho Allah SWT (Jaga Lisan-Hari ke 4)

Waspadalah terhadap lisanmu. Sesungguhnya lisan itu laksana pedang. Sangat tajam, jika seseorang sudah tersakiti karena lisan, rasa sakitnya lebih sulit terobati dibandingkan goresan senjata tajam yang menyayat kulit.

Lisan itu sungguh luar biasa efeknya, waspadalah. Bahkan fitnah saja lebih kejam dari pembunuhan berawal dari lisan. Lalu bagaimana seharusnya seseorang menjaga lisannya? Pergunakanlah lisan dengan berkata-kata yang baik sesuai nilai, norma, dan aturan. Jangan sampai lisan disalahgunakan untuk berkata-kata yang tidak baik.

Lebih-lebih di bulan ramadan. Harus benar-benar menjaga lisan kita. Jangan sampai puasa seharian hanya menahan lapar dan dahaga saja tanpa mendapatkan pahala puasa karena tidak dapat menjaga lisan.

Pergunakan lisan kita untuk berkata yang baik-baik, membaca tilawah, dan berdzikir. Allah menciptakan lisan tentu bertujuan supaya seseorang menggunakan untuk hal yang baik.

Akan tetapi waspadalah sang pengoda setan senantiasa menjerumuskan anak-anak Adam, menggunakan lisan untuk keburukan dan menimbun dosa-dosa kecil sampai dengan dosa-dosa besar.

Berhati-hatilah dalam menggunakan lisan, berpikirlah dulu sebelum mengucapkan sesuatu. Diamlah saat sedang marah dan jangan pernah berjanji jika sedang berbahagia. Bijaklah menggunakan lisan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Begitu dahsyatnya kekuatan lisan kita, barakallah share tulisannya pak Mulya, sebagai pengingat saya dalam memelihara lisan. Semoga selalu sehat, bahagia dan sukses selalu bersama keluarga. Aamiin.

10 May
Balas

Iya bunda Rita, terima kasih atas apresiasinya. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah buat bunda Rita

10 May

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali