Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya
30 Hari Mencari Ridho Allah (Sabar Hari ke 6)

30 Hari Mencari Ridho Allah (Sabar Hari ke 6)

Puasa di bulan ramadan ibarat training kesabaran. Bagaimana tidak, seorang muslim diwajibkan berpuasa sebulan penuh. Sejak subuh sampai dengan maghrib tiba. Seharian penuh menahan haus dan lapar. Selain itu tidak melakukan perbuatan yang di larang dan mengerjakan apa yang diperintahkan sebagai bentuk penerapan keimanan dan ketaqwaan saat berpuasa. Kesemuanya perlu kesabaran dalam menjalaninya.

Apa itu sabar? Syaikh Muhammad bin Shalih Al 'Utsaimin Rahimahullah berkata bahwa sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, menahannya dari perbuatan maksiat kepada Allah, serta menjaganya dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir Allah (Syarh Tsalatsatul Ushul, hal 24). Kemudian keutamaan sabar menurut Ali bin Abi Thalib radhiyallahu 'anhu pernah bertutur " Ketahuilah, bahwasanya (perumpamaan) sabar dengan iman seperti kepala dengan badan. Jika kepalanya terpotong maka binasalah badannya" Ali memposisikan bahwa sabar sangat penting dalam hal keimanan kepada Allah Swt dan Rasullnya.

Pentingnya akan kesabaran tersebut maka di bulan ramadan perlu penerapan yang istiqomah. Kesabaran mutlak dimiliki oleh seorang muslim, apalagi saat sedang berpuasa di bulan ramadan. Semoga saat sedang berpuasa kesabaran dapat dijadikan landasan dalam bersikap dan berprilaku. Sehingga seorang muslim dapat memakismal segala aktivitas bernilai ibadah saat berpuasa senantiasa menjadikan sabar sebagai landasan utama. Yuk bersabar saat berpuasa di bulan nan suci ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali