Mulya

Guru Geografi di MAN 2 Tangerang, Banten sejak tahun 2011 s.d sekarang. Aktivitas utama mendidik, selebihnya berkebun, menulis, berorganisasi, fotografi, dan me...

Selengkapnya

10 Hak Orang Tua yang Wajib Diketahui Anak

Manusia terlahir ke dunia tentunya melalui perantara kedua orang tua. Pada hakekatnya tidak akan ada anak, jika tidak ada ibu atau ayahnya. Bahkan saking mulianya seorang ibu, Surga saja ada ditelapak kakinya.

Dalam kitab Tanbih al-Ghafilin, Abu Laits Nadlr bin Muhammad al-hanafi al-Smarqandhi (w. 375) menyebutkan bahwa ada 10 hak orang tua yang harus dipenuhi seorang anak yaitu:

  1. Apabila orang tua membutuhkan makanan, maka berilah makanan
  2. Apabila orang tua membutuhkan pakaian, maka belilah pakaian semampunya
  3. Apabila orang tua meminta untuk dilayani, maka layanilah
  4. Apabila orang tua memanggil, maka jawablah dan datanglah segera
  5. Apabila orang tua memerintahkan untuk melakukan suatu hal, maka lakukanlah selama perintahnya bukan perintah untuk bermaksiat dan ghibah
  6. Berbicara kepada kedua orang tua dengan lemah lembut dan tidak bersikap kasar
  7. Tidak memanggil orang tua dengan nama mereka
  8. Berjalan di belakang orang tua dan tidak mendahului
  9. Ridlo (senang) dengan apa yang orang tua ridhoi dan benci dengan yang orang tua benci
  10. Mendoakan kedua orang tua dan selalu meminta ampunan untuk keduanya.

Sidahkah sebagai seorang anak kita melakukan 10 hal tersebut. Jika belum, tidak ada kata terlambat bagi yang masih memiliki kedua orang tua apapun kondisi mereka. Jika salah satu atau keduanya sudah tiada bersedekahlah mengatasnamakan mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali